Apple Masih Kembangkan Touch ID untuk iPhone

Dini Listiyani ยท Senin, 06 Juli 2020 - 17:07 WIB
Apple Masih Kembangkan Touch ID untuk iPhone

Touch ID Apple (Foto: Apple)

CUPERTINO, iNews.id - Apple telah menghapus Touch ID di iPhone mereka dan memperkenalkan Face ID. Namun, di masa pandemi seperti sekarang ini, penggunaan Face ID terasa sedikit sulit.

Beruntung, berdasarkan informasi yang beredar, Apple tampaknya berencana untuk tetap mengembangkan Touch ID. Paten yang ditemukan oleh Apple Insider, menunjukkan Apple dapat secara aktif bekerja untuk menghasilkan solusi Touch ID di dalam layar mereka.

Mengingat, tumpukan layar tidak selalu tembus 100 persen, paten menjelaskan bagaimana Apple telah menemukan cara untuk mengantisipasi masalah tersebut, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Senin (6/7/2020).

"Misalnya, dalam beberapa kasus, array lensa mikro dapat dibentuk pada permukaan belakang tumpukan layar. Setiap lensa mikro dalam array dapat mempunyai titik fokus yang terletak dengan, selaras, atau di dekat salah satu lubang tembus cahaya," bunyi paten.

Paten sebenarnya bukan yang pertama kali terlihat. Sebelumnya, Apple juga telah menciptakan paten berbasis sensor Touch ID di dalam layar, tapi tidak diketahui metode mana yang akan dipilih.

Kendati demikian, pengembangan Touch ID hanya berbasis paten belum diketahui apakah Apple akan membuatnya menjadi nyata. Untuk diketahui, iPhone generasi terbaru sekarang sudah menggunakan Face ID.

Penggunaan Face ID menjadi cukup rumit di masa pandemi. Pasalnya, kebanyakan pengguna menggunakan masker saat berada di luar rumah. Guna mempermudah penggunaan Face ID akhirnya Apple memberikan akses masuk lewat passcode.

Editor : Dini Listiyani