Apple Music, Apple TV dan Apple Podcasts Resmi Gantikan iTunes di Apple

Dini Listiyani ยท Selasa, 04 Juni 2019 - 13:31:00 WIB
Apple Music, Apple TV dan Apple Podcasts Resmi Gantikan iTunes di Apple
Screengrab Apple Music dan Apple TV. (FOTO: doc. Hollywood Reporter)

CUPERTINO, iNews.id - Apple akhirnya resmi menyuntik mati iTunes setelah 18 tahun menjadi aplikasi andalan. Sesuai prediksi, Apple mengganti iTunes dengan tiga aplikasi yakni Apple Music, Apple TV, dan Apple Podcasts.

Dilansir dari Hollywood Reporter, Selasa (4/6/2019), kabar iTunes disuntik mati Apple disampaikan oleh Vice President Engineering perangkat lunak Apple, Craig Federighi di ajang tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC)

"Masa depan iTunes bukan dari satu aplikasi saja. Langkah ini diambil untuk memuluskan rencana perusahaan meluncurkan sistem operasi baru komputer Mac (macOS)," kata Craig.

Apple menggambarkan perubahan sebagai penyederhanaan pengalaman bagi konsumen. Misalnya Apple Music yang akan menjadi pusat untuk semua musik pengguna Apple dari memberi akses ke lebih dari 50 juta lagu, daftar putar dan video musik, serta seluruh library music yang sudah ada sebelumnya termasuk musik yang sudah diunduh dan dibeli.

Sedangkan Apple TV, akan meniru pengalaman aplikasi pada perangkat lain, menawarkan saluran berlangganan dari pihak ketiga. Ada lebih dari 100.000 film dan acara TV untuk dibeli atau disewa.

Sementara Apple Podcast, akan menawarkan akses ke lebih dari 700.000 pertunjukan di lingkungan yang mirip dengan aplikasi iPhone yang sudah ada sebelumnya.

Selain mengabarkan pengganti iTunes, di gelaran (WWDC), Apple juga memamerkan sejumlah produk lainnya seperti pembaruan untuk tvOS dan sistem operasi untuk set-top box Apple TV. Di antara pembaruan tersebut terdapat layar beranda baru yang dapat di akses ke layanan berlangganan game Apple Arcade dan terintegerasi dengan pengendali game Xbox dan PlayStation.

Editor : Nathania Riris Michico