Apple Uji Mac dengan Prosesor AMD

Dini Listiyani ยท Sabtu, 08 Februari 2020 - 11:01 WIB
Apple Uji Mac dengan Prosesor AMD

Mac Apple (Foto: Pixabay)

CUPERTINO, iNews.id - Referensi CPU AMD belum lama ini ditemukan dalam kode macOS Catalina beta. Kemunculan referensi ini menunjukkan Apple sedang menguji prosesor besutan AMD di komputer Mac.

Pengguna Reddit dan Twitter bernama '_rogame_' melihat potongan kode, yang merujuk beberapa prosesor AMD yang berbeda. Misalnya, satu nama kode yang muncul adalah Renoir, yang berkolerasi dengan chip seri Ryzen 4000-AMD.

Kemunculan referensi telah memicu spekulasi Apple dapat merilis Mac dengan CPU AMD. Namun, pada saat ini, masih terlalu dini untuk melakukan lompatan itu, sebagaimana dikutip dari Engadget, Jumat (8/2/2020).

Seperti yang ditunjukkan MacRumors, belum ada bukti yang menguatkan Apple berencana beralih ke AMD. Bahkan, jika ada, jauh lebih mungkin menampilkan chip yang dirancang khusus.

Menurut laporan Bloomberg dari 2018, Apple telah merencanakan untuk mengalihkan laptopnya ke prosesor berbasis ARM mulai sekitar tahun ini. Pengujian diduga ingin melihat sejauh apa chip Ryzen AMD telah hadir dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2019, CPU dekstop AMD berhasil mendominasi chip terbaik. Produsen PC pun mulai beralih ke perusahaan untuk kebutuhan prosesor mereka.

Musim gugur lalu misalnya, Microsoft meluncurkan model Surface Laptop 3 yang berukuran 15 inci. Laptop itu di dalamnya menampilkan prosesor Ryzen khusus yang didesain perusahaan bersama AMD.

Editor : Dini Listiyani