Berbekal Kacamata dan Selotip, Peneliti Berhasil Bypass Face ID

Dini Listiyani ยท Sabtu, 10 Agustus 2019 - 12:22 WIB
Berbekal Kacamata dan Selotip, Peneliti Berhasil Bypass Face ID

Peneliti berhasil bypass Face ID (Foto: Ubergizmo)

CUPERTINO, iNews.id - Sistem Face ID digadang-gadang sebagai salah satu cara paling aman untuk masuk ke ponsel. Tapi, sekelompok peneliti mampu melewati sistem keamanan iPhone ini.

Dalam sebuah laporan Threatpost, para peneliti dari Tencent telah berhasil menemukan cara untuk mem-baypass Face ID. Dan, ini dapat dilakukan dengan menggunakan dua benda yakni sepasang kacamata dan selotip.

Sepasang kacamata dan selotip diperlukan untuk mengelabui sistem liveness detection, yang digunakan Face ID untuk menentukan wajah yang sebenarnya, bukan foto atau topeng.

Mengutip Ubergizmo, Sabtu (10/8/2019), peneliti dapat membuka kunci iPhone korban dengan cara menempelkan selotip hitam pada kacamata dan meletakkannya di wajah pemilik saat sedang tidur atau tak sadar. Berbekal metode ini, peneliti juga bisa mengirim uang kepada iri mereka sendiri melalui aplikasi pembayaran mobile.

Kabar baiknya adalah metode ini tampak sedikit rumit dan hacker memerlukan akses, telepon korban, dan berharap mereka dalam kondisi tidur. Artinya, ada kemungkinan kecil hal ini bisa terjadi pada Anda.

Kendati demikian, ini masih merupakan cacat dan semoga segera diperbaiki di masa mendatang. Jadi, tunggu saja informasi dari Apple lebih lanjut.


Editor : Dini Listiyani