Berkat Apple Watch, Nyawa Pengemudi Ini Berhasil Diselamatkan Usai Kecelakaan

Dini Listiyani ยท Jumat, 08 November 2019 - 05:31 WIB
Berkat Apple Watch, Nyawa Pengemudi Ini Berhasil Diselamatkan Usai Kecelakaan

Apple Watch dengan fitur fall detection (Foto: Ubergizmo)

CUPERTINO, iNews.id - Apple memperkenalkan Watch Serie 4 tahun lalu dengan fall detection. Awalnya, fitur dirancang untuk orangtua saat mereka jatuh atau meminta bantuan, tapi ternyata fall detection bisa berguna untuk yang lainnya.

Fall detection ternyata dapat berguna dalam menyelematkan nyawa orang yang mengalami kecelakaan. Layaknya kisah seorang pria yang satu ini.

Menurut Surrey Police di Inggris, nyawa seorang pria berhasil diselamatkan usai Apple Watch korban meminta bantuan saat kecelakaan mobil. Saat dia tak sadar karena kecelakaan, Apple Watch telah mendaftarkan itu sebagai 'fall.'

"Minggu lalu kami menanggapi peringatan fall detection Apple Watch usai seorang pengemudi yang terlibat dalam kecelakaan pingsan. Alarm menyediakan emergency responders dengan data GPS agar dengan cepat menemukan tempat kejadian," kata akun Twitter @SurreyRoadCops yang dikutip dari Ubergizmo, Jumat (8/11/2019).

Sayangnya, detail mengenai kecelakaan tersebut tidak dibeberkan. Namun, diyakini korban yang terlibat dalam kecelakaan itu tidak dapat menanggapi perintah di arlojinya.

Kemudian, jam tangan Apple melakukan panggilan ke layanan darurat atas nama korban, sehingga dapat diselamatkan dan dilarikan ke rumah sakit.

Dengan kejadian yang dialami pria di atas, terbukti betapa bergunanya fitur tersebut. Oleh karena itu, fitur fall detection hanya diaktifkan secara default untuk mereka yang berusia 65 tahun ke atas. Tapi, jika Anda juga bisa mengaktifkannya sendiri.


Editor : Dini Listiyani