Epic Ingin Masukkan Fortnite ke Play Store, Google Tolak Permintaan karena Hal Ini

Dini Listiyani ยท Selasa, 10 Desember 2019 - 15:54 WIB
Epic Ingin Masukkan Fortnite ke Play Store, Google Tolak Permintaan karena Hal Ini

Epic ingin masukkan Fortnite ke Play Store. (Foto: Androidauthority)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Epic berencana segera memasukkan Fortnite ke Google Play Store. Namun, Google secara terang-terangan menolak pengembang game Fortnite tersebut.

Google secara terbuka menolak pengembang game Epic karena upaya untuk mendistribusikan Fortnite melalui Play Store tanpa membayar biaya standar perusahaan sebesar 30 persen. Dalam sebuah pernyataan, Google mengatakan platform tergantung pada persyaratan Play Store yang ada karena itu adalah cara perusahaan dapat berinvestasi kembali dalam platform.

"Android memungkinkan beberapa toko aplikasi dan pilihan bagi pengembang untuk mendistribusikan aplikasi. Google Play memiliki model bisnis dan kebijakan penagihan yang memungkinkan kami berinvestasi di platform dan alat kami untuk membantu pengembang membangun bisnis yang sukses sembari menjaga keamanan pengguna," kata juru bicara Google kepada The Verge, Selasa (10/12/2019).

Lebih lanjut, Google menyambut setiap pengembang yang mengakui nilai Google Play dan mengharapkannya untuk berpartisipasi dalam persyaratan yang sama dengan developer yang lainnya.

Kabar soal niat Epic mempublikasikan Fortnite di Play Store muncul usai pengembang mendistribusikannya secara independen sejak peluncurannya pada Android di 2018 lalu. 9to5Google melaporkan Epic berencana mengirim game dan meminta pengecualian khusus yang memungkinkannya memotong potongan 30 persen pada semua transaksi dalam aplikasi.

Fortnite sebagai game gratis menghasilkan banyak uang melalui transaksi seperti itu, termasuk costemic items dan seasonal battle pass subscription service. "Epic tidak mencari pengecualian khusus untuk diri kita sendiri. Kami berharap melihat perubahan umum pada praktik industri smartphone dalam hal ini," kata Epic.

Google tampaknya tidak setuju. Perusahaan mesin pencarian ini mencatat Epic belum meminta pengecualian seperti dari Apple. Google juga mengutip kemampuan Play Store untuk mempromosikan aplikasi dan mendorong penemuan, menyediakan keamaan dan hosting, serta menyediakan pengujian teknis dan alat analisis karena semua alasan mengapa pengurang 30 persennya diperlukan.

Editor : Tuty Ocktaviany