Google Luncurkan Android 11 Go untuk Ponsel RAM 2GB Model Baru

Rizqa Leony Putri ยท Sabtu, 12 September 2020 - 19:27 WIB
Google Luncurkan Android 11 Go untuk Ponsel RAM 2GB Model Baru

Google Luncurkan Android 11 Go (Foto: Slash Gear)

JAKARTA, iNews.id - Setelah sebelumnya meluncurkan Android 11, kali ini Google merilis Android 11 Go. Sistem operasi ini ditujukan untuk ponsel Androi dengan kapasitas RAM hingga 2 GB.

Meski tak selengkap OS Android pada umumnya, sistem Android 11 (edisi Go) ini memiliki fitur yang lebih canggih seperti yang dimiliki Android 11. Dilansir dari Slash Gear, Sabtu (12/9/2020), sistem operasi ini menyediakan pengoptimalan dalam perangkat lunak akan membuat aplikasi dimuat lebih cepat.

Android 11 Go juga akan menempatkan aplikasi perpesanan di ruang khusus pada menu notifikasi bar yang ada di ponsel. Sistem ini akan menambahkan navigasi berbasis 'gesture' untuk beberapa perangkat, sehingga pengguna dapat melakukan berbagai perintah melalui gesekan sederhana pada layar ponsel.

Pihak Google menyatakan, Android (edisi Go) akan tersedia di semua perangkat dengan memori hingga 2 GB mulai Oktober 2020 mendatang. Tak hanya itu, Android (edisi Go) pada perangkat 2 GB juga dilengkapi dengan ruang penyimpanan gratis tambahan hingga 900 MB.

Namun begitu, Google belum mengungkapkan smartphone mana yang akan mendapatkan edisi Android 11 Go. Akan tetapi, dapat diasumsikan, sebagian besar perangkat yang dirilis pada tahun lalu akan mendapat pembaruan tersebut.

Google menyarankan, Android 11 (edisi Go) akan 'hadir ke lebih banyak perangkat', tetapi pihaknya masih belum menentukan secara spesifik pada model tertentu. Penting untuk diingat, Android 11 Go hanya akan disertakan pada ponsel Android RAM 2 GB dengan model terbaru, bukan yang sudah ada.

Editor : Vien Dimyati