Intel dan MediaTek Kerja Sama Bikin Modem 5G untuk PC

Dini Listiyani ยท Selasa, 26 November 2019 - 11:13 WIB
Intel dan MediaTek Kerja Sama Bikin Modem 5G untuk PC

Ilustrasi (Foto: Slash Gears)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Intel dan MediaTek bekerja sama untuk mengembangkan modem 5G untuk komputer. Kedua perusahaan akan mempunyai peran yang berbeda dalam pengembangan 5G untuk komputer.

Intel akan fokus pada spesifikasi 5G. Sedangkan MediaTek akan fokus pada pengembangan dan pengiriman modem 5G. Pada akhirnya, PC yang dapat terhubung ke jaringan 5G perlahan-lahan menyebar di Amerika Serikat (AS).

Meskipun 5G belum tersedia secara luas, perusahaan wireless dengan cepat membangun jaringan 5G mereka sendiri di seluruh AS. Intel menjanjikan kecepatan broadband seluler cepat yang akan menawarkan manfaat di berbagai industri.

Sejauh ini, smartphone mendapatkan perhatian terbesar saat peluncuran 5G. Tapi, PC rupanya juga berniat untuk memanfaatkan konektivitas baru ini, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Selasa (26/11/2019).

Oleh karena itu, Intel dan MediaTek akan bekerja sama untuk membawa 5G ke PC generasi selanjutnya. Menurut Intel, jika semua berjalan sesuai rencana, PC pertama yang menampilkan modem yang diproduksi dari hasil kemitraan ini akan memasuki pasar pada 2021.

Intel mengatakan, HP dan Dell disinyalir akan menjadi dua perusahaan pertama yang menawarkan laptop dengan modem 5G dari Intel dan MediaTek. Dengan teknologi baru, konsumen dapat mengakses jaringan 5G di mana saja, selama itu tersedia.

"Modem 5G untuk PC kami, yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Intel merupakan bagian integral membuat 5G dapat diakses dan tersedia di seluruh platform rumah dan seluler. Dengan kemitraan ini, konsumen dapat menelusuri, streaming, dan bermain game lebih cepat di PC mereka," kata MediaTek President Joe Chen.


Editor : Dini Listiyani