iPhone Generasi Selanjutnya Dibuat di India

Dini Listiyani ยท Sabtu, 25 Juli 2020 - 13:02 WIB
iPhone Generasi Selanjutnya Dibuat di India

iPhone 11 (foto: Apple)

CUPERTINO, iNews.id- Hubungan perdagangan antara China dan Amerika Serikat masih tegang. Rencananya Apple mengintai saham yang lebih besar di pasar smartphone India.

Apple telah mulai membuat iPhone 11 di India melalui kerja sama dengan Foxconn. Langkah ini memungkinkannya untuk menghindari bea masuk 20 persen yang diberlakukan oleh India pada smartphone.

Kabar ini dikonfirmasi di Twitter oleh Menteri Perdagangan dan Industri India, Piyush Goyal. Lalu mengikuti pengumuman sebelumnya, Apple telah bermitra dengan Foxconn untuk memproduksi iPhone XR di India, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Sabtu (25/7/2020).

Sementara itu, Wistron memproduksi iPhone 7 di India. Sebagai bagian dari penawaran berbiaya rendah, iPhone 11 yang diproduksi secara lokal telah tersedia di toko. Sebagai bagian dari inisiatif manufaktur lokal ‘Make in India’ dan skema terkait, pemerintah India telah mengumumkan sejumlah manfaat termasuk keringanan pajak untuk perusahaan yang ingin berinvestasi dalam membangun fasilitas produksi secara lokal.

Merakit iPhone 11 di India menandakan komitmen yang lebih luas dari Apple ke pasar smartphone India dan segmen premium yang terus bertumbuh. Namun, jelas, insentif keuangan harus memiliki peran untuk berperan dalam pergeseran ke manufaktur dan perakitan lokal.

Apple berencana untuk meningkatkan kapasitas produksinya secara bertahap dan mengekspor iPhone yang dibuat di India juga siap. Selain itu, ada pembicaraan Wistron segera memulai memproduksi iPhone SE di negara tersebut.

Pabrikan kontrak sebelumnya memproduksi iPhone SE generasi terakhir di India. Pengiriman smartphone premium merupakan bagian yang sangat kecil dari keseluruhan pasar smartphone di India.

Editor : Dini Listiyani