Q3 2018, Apple dan Samsung Dominasi Pasar Premium
CUPERTINO, iNews.id - Pada kuartal ketiga 2018, pengiriman smartphone global turun lima persen. Tapi, segmen premiun tampaknya mengalami pertumbuhan.
Menurut data yang dikumpulkan oleh Counterpoint, pengiriman smartphone global turun lima persen. Tapi, seperti yang diungkapkan laporan terbaru mereka, segmen premium sebenarnya tumbuh jauh.
Sepanjang Juli, Agustus, dan September (Q3), penjualan ponsel pintar senilai 400 dolar AS atau lebih menyumbang 22 persen pasar global. Angka ini meningkat 19 persen dari tahun sebelumnya.
Dari total, iPhone milik Apple menyumbang hampir setengah dari seluruh penjualan selama kuartal ketiga (Q3). Di belakang Apple, ada Samsung yang menyumbang 22 persen penjualan dan Huawei 12 persen. 
(Foto: Counterpoint)
Membagi segmen berdasarkan harga, Samsung mendominasi pasar 400-600 dolar AS sebanyak 25 persen. Di sisi lain, Apple dan Huawei duduk di tempat kedua dan ketiga dengan share masing-masing 21 persen dan 17 persen.
Vivo dan Oppo menduduki top five berkat popularitas mereka di China. Sedangkan, posisis keenam ditempati Xiaomi dengan market share 6 persen, seperti dilaporkan Phone Arena, Rabu (2/1/2019).
Sementara itu, untuk segmen premium kelompok 600-800 dolar AS berhasil didominasi Apple dan Samsung dengan market share gabungan 82 persen. Namun, hanya Apple yang mampu mempertahankan popularitasnya di segmen 800 dolar AS ke atas.

(Foto: Counterpoint)
Faktanya, berkat iPhone X tahun lalu dan iPhone XS dan XS Max, Apple menyumbang 79 persen dari semua penjualan di bagian pasar ini. Meskipun tidak berada di lima besar pada skala global, Counterpoint Research me-listing OnePlus sebagai salah satu merek dengan pertumbuhan tercepat di segmen 400-600 dolar AS berkat popularitasnya di India, China, dan Inggris.
Di sisi lain, Google juga terus mengalami pertumbuhan kehadirannya di pasar smartphone selama Q3. Smartphone Google merupakan salah satu dari lima merek top di Eropa dan Amerika Utara.
Editor: Dini Listiyani