Virus Korona, Apple Perbolehkan Pengguna Bersihkan iPhone dengan Tisu Disinfektan

Dini Listiyani ยท Selasa, 10 Maret 2020 - 09:09 WIB
Virus Korona, Apple Perbolehkan Pengguna Bersihkan iPhone dengan Tisu Disinfektan

iPhone 11 (Foto: Apple)

CALIFORNIA, iNews.id - Kekhawatiran virus korona terus meningkat. Seiring dengan itu, Apple memperbolehkan pengguna iPhone membersihkan perangkat mereka dengan tisu disinfektan.
 
Apple pada Senin, 9 Maret 2020 memperbarui halaman untuk device cleaning. Halaman sekarang mengatakan, Clorox Disinfecting Wipes dan produk serupa dengan alkohol isopropyl 70 persen dapat digunakan untuk membersihkan iPhone dan perangkat lain. 

“Menggunakan alkohol isopropyl 70 persen atau Clorox Disinfecting Wipes, Anda dapat dengan lembut mengusap permukaan keras dan tidak keropos dari produk Apple Anda seperti layar, keyboard, atau permukaan eksterior lainnya. Jangan gunakan pemutih,” kata Apple yang dikutip dari Cnet, Selasa (10/3/2020).

Lebih lanjut Apple juga mengingatkan pengguna produknya untuk menghindari kelembaban dan jangan merendam produk di agen pembersih apa pun. 

Sebelumnya, Apple mengatakan untuk tidak menggunakan produk pembersih pada iPhone. Karena, kekhawatiran alkohol dalam tisu disinfektan dapat merusak lapisan oleofobik (penolak minyak) dan hirdrofobik (anti-air).

Meskipun sekarang Apple telah memperbolehkan membersihkan iPhone menggunakan alkohol, pengguna tetap tidak boleh membasuh gadget Anda menggunakan semprotan aerosol, pemutih, dan apa pun yang abrasif. 

Untuk diketahui, COVID-19 terus menyebar di seluruh Amerika Serikat dan negara lainnya. The Centers for Disease Control and Prevention mengatakan seseorang dapat terkena COVID-19 dengan menyentuh suatu objek yang terpapar virus di atasnya. Kemudian, menyentuh mulut, hidung, atau mata mereka.

CDC merekomendasikan penggunaan semprotan pembersih atau tisu untuk membersihkan dan mendisinfeksi objek yang sering disentuh. Tujuannya, membantu mencegah penyebaran virus korona dan penyakit lainnya. 

Editor : Dini Listiyani