Alat Transfer Facebook ke Google Photos Kini Tersedia untuk Semua Pengguna

Dini Listiyani ยท Jumat, 05 Juni 2020 - 14:07 WIB
Alat Transfer Facebook ke Google Photos Kini Tersedia untuk Semua Pengguna

Alat transfer data Facebook baru (foto: Facebook)

MENLO PARK, iNews.id - Alat transfer dari Facebook ke Google Photos pertama kali diumumkan untuk kawasan Amerika Serikat (AS) dan Kanada pada April lalu. Kini, alat transfer gambar sudah tersedia secara global.

Dikutip dari The Verge, Jumat (5/6/2020), alat transfer data baru memungkinkan Anda membuat salinan semua foto atau video di akun Facebook. Lalu menstransfernya ke Google Photos yang ditautkan.

Alat ini pertama kali tersedia di beberapa bagian Afrika, Asia Pasifik, dan Amerika Latin Desember lalu. Sejak itu, tool telah meluas ke sejumlah negara.

Untuk menggunakan alat transfer Facebook yang baru ini tidak sulit. Saat masuk ke akun Facebook, klik panah bawah yang ada di ujung menu bar dan select Settings. Select tab yang bertuliskan ‘Your Facebook Information.’ Selanjutnya, klik ‘Transfer a copy of your Photos atau Videos.’

Saat ini, pengguna hanaya dapat menyimpan foto di Google Photos. Namun, juru bicara Facebook mengatakan kepada The Verge April lalu, orang-orang juga akan bisa memindahkan foto ke perusahaan lain yang bergabung dengan Data Transfer Program.

Inisiatif didirikan pada 2018 antara Google, Facebook, Microsoft, dan Twitter. Inisitif dirancang untuk mendorong upaya bersama terkait peningkatan alat berbagi data, baik antara perusahaan dan konsumen.

Apple kemudian bergabung denagn upaya open-source yang disebut Data Transfer Project pada 2019. Terlepas dari itu semua, sejauh ini tidak diketahui kapan Facebook akan menambahkan dukungan untuk layanan lain.

 

 

Editor : Dini Listiyani