Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Aplikasi Zangi Diblokir Komdigi usai Kasus Ammar Zoni di Rutan Terungkap, Ada Apa?
Advertisement . Scroll to see content

Aplikasi Persediaan Barang Solusi Terbaik Untuk Kelola Inventory Gudang

Selasa, 23 Agustus 2022 - 18:23:00 WIB
Aplikasi Persediaan Barang Solusi Terbaik Untuk Kelola Inventory Gudang
Ilustrasi (Foto: dok Freepik)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Adanya aplikasi persediaan barang dalam suatu perusahaan atau bidang usaha sangat penting untuk membantu berbagai kegiatan jual-beli. Kegiatan perusahaan seperti mengawasi pembelian barang yang diperoleh dari supplier, mengontrol ketersediaan jumlah produk yang akan dijual, mengelola stok barang, melacak pesanan yang dikirimkan ke pelanggan, dan lain sebagainya.

Pada awalnya, banyak pengusaha melakukan kegiatan inventaris barang menggunakan Google Spreadsheet, Microsoft Excel, dan berbagai alat manual lainnya. Namun seiring berkembangnya teknologi, banyak aplikasi persediaan barang diciptakan untuk memudahkan kegiatan inventarisasi barang pada suatu kegiatan jual-beli. 

Apa Pengertian Aplikasi Persediaan Barang?

Salah satu hal yang menjadi bagian penting dalam bisnis adalah kegiatan inventaris. Kegiatan inventaris merupakan pengelolaan stok atau persediaan barang yang dimiliki suatu kantor atau perusahaan. Salah satu penunjang kegiatan inventaris adalah penggunaan aplikasi persediaan barang. 

Aplikasi persediaan Barang adalah sejenis aplikasi yang memang dirancang untuk membantu user mengelola barang di suatu gudang perusahaan atau kantor. Biasanya aplikasi ini sering digunakan pada perusahaan yang bergerak di bidang bisnis agar proses pengelolaan berjalan dengan baik. Para pengembang biasanya menciptakan aplikasi yang dapat diunduh di smartphone, desktop maupun dalam bentuk website. 

Aplikasi persediaan barang berbentuk website tergolong lebih fleksibel karena lebih mudah dalam penggunaan tanpa perlu mengunduh terlebih dahulu dan tanpa menyita memori dalam perangkat. Penggunaan aplikasi persediaan barang berbasis website, pengguna hanya perlu mengakses pada laman yang telah tersedia dan login ke akun yang telah terdaftar. 

Fitur-fitur Canggih yang Biasanya Tersedia dalam Alat Inventaris Barang

Dalam sebuah aplikasi biasanya dilengkapi berbagai fitur canggih yang akan mendukung kinerja aplikasi termasuk juga dalam aplikasi pengelola barang. Ada beberapa fitur yang biasanya disisipkan pada aplikasi persediaan barang seperti :

1. Dashboard

Fitur dashboard biasanya ada pada tampilan awal aplikasi. Hampir semua aplikasi memiliki tampilan ini termasuk aplikasi persediaan barang. Seringnya layar dashboard menampilkan grafik berupa jumlah penjualan, grafis kas masuk atau keluar hingga daftar utang-piutang suatu usaha. 

2. Laporan penjualan

Laporan penjualan biasanya juga ada dalam aplikasi persediaan barang yang memuat laporan penjualan harian hingga bulanan. Fitur ini sangat penting untuk melihat produktivitas toko dan melihat rincian uang masuk dan keluar. Biasanya, fitur ini juga dilengkapi dengan rincian kas, sehingga proses pengecekan laporan menjadi lebih efisien. 

3. Penjualan 

Dalam fitur ini biasanya terdapat rincian penjualan selama 1 bulan dan menampilkan seluruh detail penjualan barang secara lengkap beserta dengan jumlah, harga, dan kode penjualannya. Fitur ini biasanya dilengkapi dengan total harga barang yang terletak pada bagian akhirnya.  

4. Pembelian

Fitur aplikasi persediaan barang ini biasanya menampilkan data pembelian perusahaan lengkap dengan faktur pembelian. Tak jarang, pengembang juga memberikan fitur pada aplikasi dalam bentuk terkategori. Adanya fitur ini untuk membantu manager atau pemilik toko membuat faktur pembelian jika dirasa stok barang mulai menipis.

5. Stok produk

Fitur stok produk biasanya menampilkan data berupa nama, status, hingga data barang yang tersusun dalam bentuk tabel dan masing-masing telah diberikan kode produk agar lebih mudah dalam pembacaan atau pencarian barang. 

6. Pengaturan 

Fitur pengaturan dalam aplikasi biasa menampilkan pengaturan penggunaan aplikasi. Biasanya pengaturan terdiri dari pengaturan akun, status berlangganan, pengaturan penggunaan aplikasi hingga pengaturan data bank. 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Persediaan Barang

Suatu aplikasi diciptakan tentunya untuk memudahkan kepentingan orang yang menggunakannya. Tak terkecuali penggunaan aplikasi persediaan barang memiliki beberapa keuntungan jika digunakan untuk kepentingan bisnis, seperti:

1. Proses Purchase Order menjadi lebih cepat

Salah satu kelebihan dari aplikasi persediaan barang adalah pengguna dapat melakukan proses PO atau purchase order ke vendor bisnis secara otomatis melalui aplikasi. Proses ini dapat dilakukan dengan aplikasi mulai dari rincian daftar barang yang habis hingga penerbitan invoice yang dapat dilakukan hanya melalui aplikasi saja. 

2. Dapat mendeteksi adanya overselling pada suatu bisnis atau usaha

Kelebihan lain dari aplikasi persediaan barang adalah memudahkan pengguna untuk mendeteksi terjadinya overselling dalam sebuah toko. Overselling sangat mempengaruhi tingkat penjualan dan tentunya tidak berdampak baik jika sampai sebuah toko kehabisan stok barang.

Nah, fungsi dari dari aplikasi persediaan barang ini akan menyinkronkan ketersediaan barang yang ada dalam toko maupun di toko cabang secara otomatis. 

3. Jumlah stok barang terkendali

Adanya sistem manajemen otomatis mampu melacak tingkat ketersediaan barang yang rendah sekalipun dan pengguna akan lebih mudah mengatur pemesanan ulang pada vendor secara otomatis melalui aplikasi. Ini bertujuan agar sebuah toko atau bisnis tidak sampai kehabisan barang dan harus terburu-buru melakukan order barang lagi.

Salah satu dampak toko kehabisan barang tentunya akan berpengaruh pada tingkat kepuasan konsumen ketika berbelanja. Tentunya, sebagai pengusaha Anda tak ingin hal ini terjadi, bukan?

4. Dapat berintegrasi dengan seluruh bisnis atau bidang usaha

Zaman memang sudah serba canggih dan proses manajemen toko atau usaha sudah tidak dilakukan secara manual. Inilah salah satu kelebihan dari aplikasi persediaan barang yang dapat mengurus banyak toko dalam satu perangkat yang telah terintegrasi. Tentu hal ini membuat para pengusaha atau manager menghemat tenaga dan waktu. 

5. Meminimalisir biaya operasional

Adanya sistem pengelolaan barang dalam aplikasi persediaan barang membuat Anda tak perlu menyewa atau membangun gudang dengan biaya mahal untuk menyimpan persediaan barang. Ini karena aplikasi persediaan barang telah dilengkapi kemampuan untuk melakukan optimasi setiap operasional dalam bisnis agar pengguna tak membutuhkan biaya yang besar. 

Tips Mudah dalam Melakukan Kontrol Stok Barang pada Bisnis

Jika bisnis Anda adalah bisnis retail yang memiliki banyak barang sampai ratusan ribu, akan memakan waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan, pasti bisa berhari-hari. Selain itu, dalam melaksanakan pengelolaan kontrol pencatatan persediaan barang juga harus dilakukan secara teliti dan benar, jangan sampai ada kesalahan karena dapat berdampak pada bisnis Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan pencatatan persediaan barang, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Menilai stok yang dimiliki

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menilai stok persediaan yang dimiliki. Sebelum itu, Anda harus memastikan bahwa daftar persediaan stok barang telah dibuat, agar semakin mudah ketika menilai persediaan yang ada. Selain itu, pastikan juga tempat penyimpanan persediaan barang sudah diatur dengan baik.

Dengan menyediakan rak-rak khusus dan memisahkan sesuai kategori barang, cara tersebut akan membantu Anda menemukan dan menyimpan barang. Setelah itu, hitung dan lakukan pencatatan persediaan barang serelevan mungkin.

Kegiatan ini sebenarnya bisa dilakukan secara manual maupun komputerisasi, namun agar lebih terhindar dari human error, sistem otomatis dengan komputerisasi tentunya lebih aman untuk dilakukan. 

Penilaian stok ini berguna untuk menentukan target penjualan dan pemasaran yang ditargetkan selama periode waktu yang ditentukan. Setelah itu, anda juga bisa mulai memperkirakan seberapa banyak jumlah persediaan yang perlu dipesan untuk ke depannya. Kegiatan ini akan mudah jika dilakukan secara komputerisasi, terlebih jika produk anda memiliki jumlah yang sangat banyak.

2. Berikan kode untuk setiap barang

Memberikan kode untuk setiap barang sering dilakukan karena akan sangat membantu ketika kita perlu menemukan suatu barang secara spesifik dengan cepat. Kode yang diberikan tergantung kebijakan dari perusahaan. Kode yang biasa diberikan untuk produk dapat berupa kode angka atau huruf ataupun warna. 

Penggunaan barcode sebagai kode barang juga bisa dilakukan karena hanya dengan memindainya dengan scanner, keberadaan barang bisa langsung ditemukan. Tentu, cara tersebut dinilai sangat efektif dan efisien, Anda akan mudah dalam menemukan suatu barang yang tersedia di gudang dengan mudah dengan pengkodean di atas.

3. Pengelompokkan barang berdasarkan kategori tertentu

Cara lainnya untuk menemukan barang dengan cepat yaitu dengan mengelompokkan barang dan memisahkan barang yang tidak lagi diperlukan.

Anda dapat mulai mengelompokkan barang berdasarkan ukuran untuk meminimalisir risiko kehilangan. Cara tersebut juga membantu dalam melihat dan memonitor barang berdasarkan ukuran mana dulu yang ingin dilihat. 

Cara lainnya yang sering digunakan, yaitu dengan memisahkan antara barang mahal dan murah. Dengan begitu, bila terjadi kehilangan barang, khususnya barang mahal bisa lebih mudah terlihat. Maka dari itu, Anda harus rajin-rajin mengontrol barang-barang tersebut secara teratur.

4. Pemisahan barang

Terakhir yaitu dengan memisahkan barang yang tidak lagi perlukan. Barang yang baru dan lama harus harus dipisahkan, agar saat penjualan, barang lama bisa dikeluarkan lebih dahulu. Cara tersebut dilakukan untuk mengantisipasi menumpuknya barang kadaluarsa di gudang.

5. Monitor berdasarkan barang yang telah terjual

Langkah selanjutnya yaitu, melakukan kontrol terhadap stok barang yang sudah terjual. Lakukan pencatatan dengan baik agar antara stok barang yang ada di gudang dan yang ada di dalam catatan buku penjualan sama banyak. Anda juga bisa menggunakan bantuan software dalam melakukan pencatatan persediaan barang.

Selain itu, penggunaan aplikasi juga membuat kinerja suatu bisnis menjadi lebih efisien karena sistem pengelolaan stok terintegrasi dengan baik pada toko satu dengan lainnya. Namun, jika Anda masih kesulitan memilih salah satu aplikasi persediaan barang, mekari.com telah menciptakan alat inventaris barang berbasis web yang dinamai Jurnal. 

Dirangkum dari https://www.jurnal.id/id/aplikasi-persediaan-keluar-masuk-barang-berbasis-web, Jurnal by Mekari berbasis web ini dirancang untuk memudahkan pengelolaan stok barang dalam suatu bisnis atau asset-aset kantor. Anda akan lebih mudah menambahkan atau mengatur asset yang tersedia karena Jurnal by Mekari menggunakan sistem otomatis.

Tak hanya itu, terdapat juga salah satu fitur depresiasi asset yang berfungsi untuk menghitung jumlah aset dan itu semua dilakukan secara otomatis tanpa melakukan proses manual.  

Jurnal by Mekari sebagai penyedia aplikasi pendukung perusahaan dan bisnis, berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna setianya. Terbukti dengan banyaknya perusahaan yang bekerja sama dengan Mekari untuk menggunakan berbagai aplikasi Jurnal by Mekari

Pengelolaan barang dalam toko atau bisnis Anda akan menjadi lebih mudah dan terarah dengan aplikasi persediaan barang dari Jurnal by Mekari. Disisi lain, aplikasi persediaan barang ini juga dilengkapi dengan fitur jual pulsa yang telah terhubung dengan beberapa bank dan dompet digital sehingga membantu pada pengusaha untuk lebih mengembangkan pemasukan dalam bisnisnya. 

Editor: Anindita Trinoviana

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut