Cara Mengunci Folder di Laptop & PC Paling Mudah

Dini Listiyani ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 11:07:00 WIB
Cara Mengunci Folder di Laptop & PC Paling Mudah
Cara Mengunci Folder di Laptop (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Cara mengunci folder di laptop tidak sulit. Pengguna laptop bisa dengan mudah mengunci folder mereka dengan password untuk melindungi perangkat. 

Pengguna laptop bisa mengakses folder di komputer Windows usai mereka mask ke akun pengguna. Tapi, jika beberapa orang menggunakan akun yang sama di komputer, folder terbagi dengan yang lain. 

Pada akhirnya, folder di komputer Windows usai Anda masuk ke akun pengguna. Tapi jika beberapa orang menggunakan akun yang sama di komputer Anda. 

Ada lusinan aplikasi yang memungkinkan Anda mengenkripsi folder Anda. Tapi, untungnya Windows menawarkan opsi bawaannya sendiri untuk folder pelindung password. 

Ini benar-benar gratis dan mudah untuk melindungi kata sandi folder di Windows. Namun, ada beberapa kekurangannya. Pertama, Anda harus menjalankan Windows 10 Pro. 

Kedua, usai Anda menyetel password tidak ada cara untuk memulihkannya jika Anda lupa. Berikut cara melindungi folder dengan kata sandi di PC Anda sebagaimana dikutip dari Business Insider, Kamis (21/1/2021).

Cara melindungi kata sandi folder di Windows

1. Buka Windows Explorer dan temukan folder yang ingin Anda lindungi dengan kata sandi, lalu klik kanan di atasnya.

2. Pilih "Properti".

3. Klik "Lanjutan".

4. Di bagian bawah menu Atribut Lanjutan yang muncul, centang kotak berlabel "Enkripsi konten untuk mengamankan data."

5. Klik "OK."

6. Setelah kembali ke jendela utama, klik "Terapkan".

7. Pada jendela "Konfirmasi Perubahan Atribut", pilih antara "Terapkan perubahan hanya ke folder ini" atau "Terapkan perubahan ke folder ini, subfolder, dan file."

8. Pilih "OK."

9. Pemberitahuan yang meminta Anda untuk mencadangkan kunci enkripsi file Anda akan muncul. Klik "Cadangkan sekarang".

10. Masukkan flash drive USB ke komputer Anda, dan ikuti petunjuk di layar untuk membuat sertifikat enkripsi Anda dan mengekspor ke drive USB.

Perlu di catat, langkah terakhir bersifat opsional. Tapi, jika melewatkannya, Anda berisiko kehilangan akses ke file terenkripsi Anda.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel: