Coachella Akan Jual Tiket Festival Seumur Hidup, tapi Dalam Bentuk NFT
JAKARTA, iNews.id - Coachella menjual tiket festival seumur hidup untuk pertama kalinya. Tapi, Anda harus membeli NFT untuk bisa mendapatkan tiket festival seumur hidup yang tidak pernah dijualnya.
Festival musik ini meluncurkan pasar NFT yang dibangun oleh FTX US, dengan tiga koleksi NFT akan dijual pada 4 Februari. Perusahaan akan melelang Coachella Keys Collections, sekelompok 10 NFT yang memungkinkan pemegang tiket seumur hidup ke festival itu.
Pemilik token akan mendapatkan tiket ke Coachella setiap tahun, ditambah akses ke pengalaman virtual yang diproduksi Coachella selamanya. Pembelian NFT juga termasuk fasilitas khusus di festival 2022 seperti akses barisan depan dan makan malam koki selebriti, sebagaimana dikutip dari The Verge.
Fakta festival musik besar itu masuk ke dalam NFT mungkin tidak mengejutkan. Pada November, perusahaan induk Coachella AEG mengganti nama Staples Center menjadi Crypto.com Arena — dan perusahaan tradisional lainnya telah menunjukkan ada banyak uang yang dapat dihasilkan dengan melampirkan produk dan layanan fisik ke barang digital.
Penjualan kembali NFT seringkali juga menghasilkan keuntungan bersih bagi penjual asli, yang bisa menjadi keuntungan untuk sesuatu yang permanen seperti tiket seumur hidup. Jika NFT dijual kembali, Coachella, fotografer, seniman instalasi seni, dan seniman desain akan menerima royalti.
Tiket sering diangkat sebagai kasus penggunaan untuk NFT dan blockchain. Sebelum Coachella, NFL mengumumkan pada November mereka akan memasangkan NFT pada tiket untuk permainan tertentu.
Tetapi dalam kasus NFL, token digital itu sendiri tidak membuat Anda masuk ke acara tersebut. Pemilik NFT Coachella menggunakan token untuk menukarkan dua tiket festival setiap tahun. Tiket digital dan penjualan kembali juga dimungkinkan tanpa NFT terpasang — NFL bahkan menyingkirkan tiket kertas untuk musim 2021.
Perusahaan lain telah mengikat NFT ke produk dan pengalaman fisik. Salah satu daya tarik dari Bored Ape Yacht Club adalah pesta yang seharusnya Anda dapatkan akses eksklusifnya, dan perusahaan dari Gap hingga Adidas telah menjual NFT yang disertakan dengan barang dagangan fisik.
Editor: Dini Listiyani