Dorong Industri UMKM, Kemenparekraf Libatkan Konten Krator dan YouTube
JAKARTA, iNews.id– Upaya mendorong industri UMKM dilakukan Kemenparekraf dengan menggandeng YouTube. Apa saja yang dilakukan?
Dengan menggelar acara bertajuk NgeshortBareng yang berlangsung di 12 kota, Kemenparekraf memberikan dukungannya pada YouTube Shorts agar banyak diketahui oleh para konten kreator.
NgeshortBareng yang berlangsung di 12 kota digelar pertama kali pada September 2022 lalu di Bandung, hingga akhirnya ditutup di Bali pada Minggu, 2 Juli 2023 kemarin.
Kemenparekraf sendiri menilai bahwa ada banyak program mereka yang membutuhkan dukungan dari para kreator. Hal itu dilakukan agar masyarakat mengetahui soal UMKM hingga pariwisata yang ada di Indonesia.
"Ada banyak sekali program di Kemenparekraf yang butuh dukungan dari para konten kreator, karena harus disosialisasikan secara masif kepada masyarakat," kata Yuana Rochma Astuti, direktur Tata Kelola Ekonomi Digital.
Kemenparekraf sendiri cukup peduli melihat perkembangan para konten kreator saat ini. Bahkan menurut mereka, para konten kreator memiliki peran strategis untuk mengenalkan potensi pariwisata baru di daerah-daerah, salah satunya ialah Desa Wisata Indonesia.
Diharapkan, para konten kreator ini dapat memberi dampak baik terhadap geliat usaha mikro kecil dan menengah. Terutama usai pandemi Covid-19.
"Contohnya yang bisa diapresiasi adalah Desa Wisata Indonesia, kemudian Desa Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia dan program-program lainnya yang sangat strategis," ujarnya.
"Jadi kedepannya, Kemenparekraf bersama YouTube dan Star Hits diharapkan semakin intens untuk mensosialisasikan program-program Kemenparekraf sehingga bisa diketahui oleh masyarakat luas, jadi potensi wisata, potensi produk ekonomi kreatif unggulan di berbagai pelosok Tanah Air bisa di ekspose," kata Yuana.
Editor: Ismet Humaedi