Facebook Bikin Sistem Operasi Sendiri untuk Gantikan Android

Dini Listiyani ยท Jumat, 20 Desember 2019 - 11:10 WIB
Facebook Bikin Sistem Operasi Sendiri untuk Gantikan Android

Ilustrasi Facebook (Foto: Pixabay/LoboStudioHamburg)

MENLO PARK, iNews.id - Facebook sudah melebarkan sayapnya ke bisnis hardware dengan meluncurkan Portal dan Oculus VR. Kini, raksasa jejaring sosial itu dikabarkan mengembangkan sistem operasi sendiri bernama Facebook OS.

The Information melaporkan, Facebook tengah mengerjakan OS sendiri untuk menghilangkan kebutuhannya terhadap Android. Pengembangan Facebook OS akan diserahkan kepada Mark Lucovsky, yang merupakan mantan karyawan Microsoft yang ikut menulis OS Windows NT.

Laporan soal Facebook OS sangat terbatas saat ini. Tapi, laporan mencatat, perangkat Oculus dan Portal Facebook saat ini menjalankan Android versi dimodifikasi.

Menurut salah satu Facebook’s AR and VR heads, Ficus Kirkpatrick, pengembangan sistem operasi sendiri mungkin saja terjadi. Dengan begitu, hardware Facebook di masa depan tidak perlu bergantung pada software Google, Android.

"Kami benar-benar ingin memastikan generasi selanjutnya mempunyai ruang untuk kami. Kami tidak berpikir kami dapat mempercayai pasar atau pesaing untuk memastikan hal itu terjadi. Dan, jadi kita melakukannya sendiri," Head of Hardware Facebook Andrew Bosworth kepada The Information yang dilaporkan dari The Verge, Rabu (20/12/2019).

Terlepas dari itu, Facebook dikabarkan juga tengah mempersiapkan hardware baru. Menurut Bosworth, Facebook dikabarkan tengah menggarap kacamata augmented reality (AR).

Kacamata yang mempunyai nama kode Orion akan tiba sekitar 2023. Pada tahun yang sama, Apple diduga juga akan mengeluarkan kacamata AR mereka sendiri.


Editor : Dini Listiyani