Facebook Uji Publik Hotline, Layanan Mirip Clubhouse

Intan Rakhmayanti Dewi · Jumat, 09 April 2021 - 17:12:00 WIB
Facebook Uji Publik Hotline, Layanan Mirip Clubhouse
Facebook Uji Publik Hotline, Layanan Mirip Clubhouse (Foto: Unsplash)

MENLO PARK, iNews.id - Clubhouse menjadi populer beberapa waktu lalu dan mulai diikuti perusahaan lain, termasuk Facebook. Facebook mulai melakukan pengujian publik untuk aplikasi yang dinamai Hotline. 

Secara garis besar aplikasi ini mirip dengan Clubhouse yang saat ini tengah populer. Menlansir laman Reuters, Jumat (9/4/2021), Hotline memungkinkan pembuat konten dapat berbicara dan menjawab pertanyaan langsung dari audiens. Aplikasi tanya jawab ini akan menggabungkan audio dengan elemen teks dan video.

Hotline dikembangkan Facebook melalui tim kecil yang disebut Tim Eksperimen Produk Baru ( New Product Experimentatio/NPE). Tim ini bertugas membangun aplikasi media sosial kecil dari awal.

Seorang juru bicara Facebook mengatakan Hotline ditujukan untuk pakar ilmu pengetahuan yang dapat berbagi tips dari berbagai bidang seperti keuangan atau kesehatan.

Aplikasi saat ini tidak memiliki batasan ukuran audiens. Pembuat acara dapat menghapus pertanyaan dari antrian dan Facebook mengatakan sedang memoderasi konten yang tidak pantas dalam tahap pengujian awal ini.  

Kegiatan Hotline direkam secara otomatis dan pembawa acara diberi salinan rekaman tersebut. Juru bicara itu mengatakan masih terlalu dini untuk memberi tahu bagaimana pembuat konten dapat menghasilkan uang dari Hotline.

Hotline saat ini bukan aplikasi mandiri dan Facebook mengatakan sedang menguji metode otentikasi yang berbeda sehingga pengguna dapat bergabung dalam acara tersebut melalui Twitter, Instagram atau dengan  nomor telepon.

Editor : Dini Listiyani