Gambar Satelit Google Maps Mencakup 98 Persen Populasi Dunia

Monica Anastasia Cornelia ยท Senin, 16 Desember 2019 - 20:18 WIB
Gambar Satelit Google Maps Mencakup 98 Persen Populasi Dunia

Google Earth memiliki 36 juta mil persegi gambar satelit HD yang dapat ditelusuri mencakup area 98 persen tempat populasi tinggal di dunia. (Foyo: Google Support)

LOS ANGELES, iNews.id - Google menjadikan produk pemetaannya lebih informatif dan mendalam dengan penggunaan pencitraan. Sekarang raksasa teknologi ini memberi kita pandangan yang lebih dalam proses pembuatan peta.

Raksasa teknologi ini mengatakan telah menangkap lebih dari 10 juta mil gambar untuk Street View, angka ini cukup jauh setara mengelilingi dunia 400 kali.

Dilansir dari Engadget, Senin (16/12/2019), Google Earth memiliki 36 juta mil persegi gambar satelit HD yang dapat ditelusuri. Gambar-gambar itu mencakup area tempat 98 persen dari seluruh populasi tinggal.

Ini adalah pertama kalinya Google merilis angka yang mengungkap cakupan Maps, salah satu produk paling populer.

Google juga mengungkapkan teknik yang digunakan untuk menangkap sebanyak mungkin citra peta. Mereka menggunakan mobil Street View yang dilengkapi kamera untuk mengambil foto dari berbagai sudut.

Untuk area di mana mengemudi tidak mungkin bisa lakukan, seperti cagar alam dan daerah jauh tanpa jalan, Google mengirim orang dengan dilengkapi ransel Street View Trekker.

Selain itu, Google menggunakan teknik yang disebut fotogrametri untuk menjahit beberapa gambar bersama. Faktanya, raksasa teknologi ini menggunakan metode yang sama menyulap pengalaman VR, termasuk tur virtual Versailles yang dibuat untuk pengguna HTC Vive dan Oculus Rift.


Editor : Dani Dahwilani