Google Chrome Versi Baru Digadang-gadang Bakal Hemat Memori

Dini Listiyani ยท Senin, 22 Juni 2020 - 17:18 WIB
Google Chrome Versi Baru Digadang-gadang Bakal Hemat Memori

Google Chrome (Foto: Pixabay)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Kritik utama dari Google Chrome adalah memori besar. Browser ini sangat menuntut daari segi memori yang dapat memengaruhi pengguna yang menggunakan komputer kurang powerful dan RAM lebih sedikit.

Beruntung, di masa depan masalah Chrome akan diperbaiki. Chrome dapat menjadi kurang memakan memori di komputer Windows 10 berkat pembaruan yang didorong Microsoft ke Windows dalam bentuk SegmentHeap.

SegmentHeap akan membantu meningkatkan penggunaan memori aplikasi Win32 seperti Chrome. Pada dasarnya Microsoft tidak menyebutkan Chrome secara khusus, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Senin (22/6/2020).

Microsoft mengumumkan salah satu aplikasi diuntungkan dalam pembaruan adalah browser Edget terbaru. Mengingat, browser Edge baru dibangun di atas platform Chromium yang digunakan Chrome, maka efisiensi juga disinyalir berdampak ke Chrome.

Layaknya yang ditulis WindowsLatest, seorang engineer Chrome telah mencatat, engineer Chrome telah berkomitmen akan mengadopsi fitur SegmentHeap baru untuk Chrome di masa depan.

"Eksperimen dengan per-machine opting-in ke tumpukan segmen untuk chrome.exe menunjukkan, ini bisa menghemat ratusan MB di brower dan proses utilitas Network Service pada beberapa mesin. Hasil aktual akan sangat bervariasi dengan penghematan terbesar terjadi pada banyak mesin intin," bunyi postingan.

Editor : Dini Listiyani