Google Doodle Rayakan Hari Anak Nasional

Dini Listiyani ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 08:03 WIB
Google Doodle Rayakan Hari Anak Nasional

Google Doodle (Foto: Google)

JAKARTA, iNews.id - Google merayakan Hari Anak Nasional lewat Doodle hari ini (23/7/2020). Google Doodle di halaman search menampilkan banyak anak-anak yang tengah bermain.

Ada yang bermain layang-layang, perahu-perahuan hingga pesawat terbang. Anak-anak tersebut terlihat bahagia saat bermain mainan-mainan yang mereka pegang.

Untuk diketahui, Hari Anak Nasional di setiap negara diperingati di tanggal yang berbeda. Di Indonesia, Hari Anak diperingati setiap 23 Juli 2020. Perayaan ini dilakukan untuk merayaan hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Dikutip dari Okezone, sejarah Hari Anak Nasional berawal dari gagasan mantan Presiden Soeharto yang melihat anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa. Oleh karena itu, sejak 1984 berdasarkan Keppres RI Nomor 44 Tahun 1984 ditetapkan setiap 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional.

Pemerintah juga membentuk Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sebagai institusi independen guna melakukan pengawasan dan pelaksanaan upaya perlindungan anak. KPAI dapat melakukan investigasi terhadap pelanggaran hak anak yang dilakukan negara hingga memberikan saran dan masukan secara langsung ke Presiden tentang berbagai upaya yang perlu dilakukan berkaitan dengan perlindungan anak.

Sejatinya perjuangan penetapan HAN sudah berlangsung saat Kongres Wanita Indonesia (Kowani) di era Presiden Sukarno. Kowani merupakan federasi dari organisasi-organisasi perempuan.

Editor : Dini Listiyani