Google Ikut Rayakan Hari Batik Nasional lewat Doodle

Dini Listiyani ยท Rabu, 02 Oktober 2019 - 10:51 WIB
Google Ikut Rayakan Hari Batik Nasional lewat Doodle

Merayakan Hari Batik, Google memasang Doodle Batik di halaman pencarian utama. (Foto: Google)

JAKARTA, iNews.id - Tepat pada 2 Oktober, masyarakat Indonesia merayakan Hari Batik Nasional. Hari Batik diperingati sebagai warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Merayakan hari bersejarah ini, Google ikut memasang Doodle Batik di halaman pencarian utamanya. Doodle tersebut menampilkan tiga corak batik yang di tengah-tengahnya bertuliskan Google.

"Doodle hari ini merayakan dan dibuat menggunakan batik, teknik untuk mendekorasi kain menggunakan lilin dan pigmen guna menciptakan pola yang kompleks dan berwarna-warni," tulis Google dalam blog Doodle-nya.

Menariknya, Google juga menampilkan cara pembuatan Doodle mereka menggunakan teknik batik. Dijelaskan Google, Doodle dibuat menggunakan kain putih yang diwarnai dengan pigmen alami, nilai, dan osage orange.

Indonesia mempunyai beraneka ragam batik. Desain dan warna batik pun bervariasi sesuai dengan daerah, karakter masyarakat, latar belakang religi, dan kelompok etnis.

Pola dan warna terkadang dikaitkan dengan filosofi yang memiliki berbagai makna, seperti kesehatan, keberuntungan dan status. Terlepas dari itu, batik telah menjadi seni kerajinan selama beradab-abad dan merupakan bagian dari tradisi kuno.

Diketahui, nama batik berasal dari kata Jawa amba yang berarti menulis dan akhirnya 'titik' artinya titik kecil. Dalam manuskrip berasal dari 1520 masehi yang ditemukan di Galuh, Cirebon Selatan, tertulis batik juga berarti seratan yang dalam bahasa Jawa, artinya menulis.


Editor : Dani Dahwilani