Google Safe Browsing Segera Terintegrasi ke Aplikasi Android

Dini Listiyani · Kamis, 19 April 2018 - 09:30:00 WIB
Google Safe Browsing Segera Terintegrasi ke Aplikasi Android
Google Safe Browsing (Foto: 9to5Mac)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Google Safe Browsing kini bisa melindungi Anda dari upaya phishing dan program berbahaya bahkan jika Anda tidak mengunjungi website di Chrome.

Safe Browsing merupakan merek di bawah keluarga Google Play Protect dari fitur keamanan dan akan berfungsi di WebView. Sederhananya, WebView digunakan oleh aplikasi Android untuk menampilkan lebih banyak basic pages dan situs dibandingkan membuka browser lengkap.

Peringatan dan kesalahan jaringan akan muncul saat Safe Browsing diaktifkan oleh phishing, situs tipuan, dan lainnya dalam aplikasi WebView, dengan halaman peringatan merah terang standar dan tombol back to safety yang muncul, sebagaimana dikutip iNews.id dari 9to5Mac, Kamis (19/4/2018).

Google mencatat, gaya dan konten peringatan akan bervariasi tergantung pada ukuran WebView. Kemampuan baru ini akan diaktifkan secara default dimulai dengan WebView 66, yang akan mulai diluncurkan bersama Chrome 66 selama beberapa hari ke depan.

Pada 2016, Safe Browsing diperluas ke Gmail di web dan aplikasi Android pihak ketiga yang bisa memeriksa URL. Sementara itu, Safe Browsing sudah tersedia di perangkat Android Oreo, ketika aplikasi yang dibuat untuk Android 8.1 bisa menyesuaikan perilaku dengan API baru.

Editor : Dini Listiyani