Google Update Gboard, Apa yang Baru?

Dini Listiyani · Selasa, 21 November 2017 - 11:52:00 WIB
Google Update Gboard, Apa yang Baru?
Gboard Tambah Stiker (Foto: Android Police)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Gboard, aplikasi keyboard dari Google telah menerima update, yang mendukung tambahan 40 bahasa, termasuk Jepang. Meskipun diketahui, Google telah lama menawarkan metode input terpisah untuk Jepang dan bahasa lainnya yang tidak memiliki sistem penulisan berdasarkan aksara latin.

Dukungan untuk bahasa telah ditambahkan secara bertahap sejak Gboard diluncurkan di Android, pada Desember 2016. Dengan pembaruan ini, Gboard kini mendukung lebih dari 120 bahasa.

Selain itu, pembaruan yang dilakukan Google, juga menambahkan dukungan stiker secara default. Sebelumnya, Gboard menyertakan stiker hanya jika Allo sudah terpasang, dan pengguna membuat atau men-download stiker untuk digunakan dengan aplikasi itu.

Kini, seperti dikutip iNews.id dari Android Police, Selasa (21/11/2017), sebanyak empat paket stiker standar disertakan di Gboard, bahkan jika Allo tidak terpasang sekalipun.

Tidak seperti peluncuran awal Gboard, pengguna dari Google Japanese Input, tidak secara otomatis beralih menggunakan tata letak Gboard Jepang. Aplikasi ini perlu diinstal dan dikonfigurasi secara manual dalam bahasa Jepang.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel: