Jangan Anggap Remeh, Ini Fungsi Lubang Kecil di Jendela Pesawat

Tangguh Yudha ยท Sabtu, 15 Oktober 2022 - 19:10:00 WIB
Jangan Anggap Remeh, Ini Fungsi Lubang Kecil di Jendela Pesawat
Jangan Anggap Remeh, Ini Fungsi Lubang Kecil di Jendela Pesawat (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Pesawat sering diandalkan sebagai moda transportasi saat bepergian. Tapi tidak banyak orang memerhatikan lubang kecil di bagian jendela pesawat. 

Kehadiran lubang kecil ini bukan tanpa alasan. Lubang memiliki peran yang sangat krusial. Seperti dilansir dari News18, kehadiran lubang kecil di jendela pesawat dimaksudkan untuk tujuan keamanan. 

Lubang dirancang untuk mengatur perubahan tekanan udara di dalam kabin pesawat. Ada tiga panel terpisah di jendela pesawat itu. Panel itu mencakup, luar untuk menangani perbedaan tekanan udara, panel tengah yang memiliki lubang berguna untuk menyeimbangkan udara, dan panel dalam sebagai perlindung.

Lubang pembuangan, yang ada di panel tengah jendela itu berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan antara kabin penumpang dan celah udara. Lubang kecil akan berfungsi saat pesawat berada di ketinggian 33.000 kaki.

Dengan hadirnya lubang kecil di jendela pesawat, tekanan udara di luar pesawat jauh lebih rendah daripada di dalam, sehingga memungkinkan setiap penumpang bernafas dengan aman dan nyaman.

Di sisi lain, lubang kecil juga mempunyai fungsi lain yakni melepaskan kelembapan dari celah antara panel dalam dan luar, sehingga jendela pesawat terbebas dari kabut.

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda