Kena Cyber Bullying, Ini yang Harus Anda Lakukan

Annisa Fahmi ยท Rabu, 12 Februari 2020 - 09:02 WIB
Kena Cyber Bullying, Ini yang Harus Anda Lakukan

Banyak perundungan di internet alias cyber bullying yang dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kehadiran social media mempermudah orang bersosialisasi meng-upadete status, berbagi cerita, membagikan foto dan video. Namun, tak selamanya social media berdampak positif.

Sisi negatifnya banyak perundungan di internet alias cyber bullying. Aksi tersebut biasanya berbentuk ujaran kebencian atau ejekan.

Biro Hubungan Masyarakat Kementarian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ferdinandus Seto mengatakan, saat ini sudah banyak worskhop yang mereka lakukan untuk mengedukasi masyarakat terkait cyber bullying, sehingga membantu masyarakat untuk menghadapi cyber bullying.

"Saya pernah mengalami cyber bullying terkait banyak hoaks yang beredar menjelang Pilpres 2019. Tapi, saya melengkapi diri dengan anti-baper. Sekali di-bully karena aktivitas kita dalam menyampaikan hal baik kepada publik kenapa takut? Saya selalu membentengi diri dengan hal seperti itu. Jangan sampai gara-gara satu, dua bully kemudian memengaruhi seluruh diri kita," katanya.

Lalu, apa saja langkah yang bisa dilakukan jika mengalami cyber bullying? Dirangkum dari komunitas SudahDong, berikut beberapa tips saat Anda di-Bully:

1. Tetap percaya diri dan hadapi tindakan bullying dengan berani
2. Simpan semua bukti bullying yang bisa kamu laporkan kepada orang dekat dan kamu percaya, seperti guru, orang tua, atau polisi (khususnya cyber bullying)
3. Berbicara dan laporkanlah
4. Berbaurlah dengan teman-teman yang membuat kalian percaya diri dan selalu berpikir positif
5. Tetap berpikir positif. Tidak ada yang salah dengan dirimu, selama kamu tidak merugikan orang lain. Tetaplah jadi diri sendiri dan lawan rasa takutmu dengan percaya diri.

Editor : Dani Dahwilani