Kerentanan WhatsApp Versi Desktop Bisa Beri Penyerang Akses File Jarak Jauh

Dini Listiyani ยท Kamis, 06 Februari 2020 - 16:37 WIB
Kerentanan WhatsApp Versi Desktop Bisa Beri Penyerang Akses File Jarak Jauh

Ada kerentanan WhatsApp versi desktop. (Foto: AFP)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Peneliti keamanan siber menemukan cacat di WhatsApp versi web. Beruntung, kerentanan keamanan langsung diperbarui oleh WhatsApp.

Peneliti PerimeterX Gal Weizman telah mengungkapkan Facebook menambal kerentanan keamanan di WhatsApp versi Mac dan Windows. Kerentanan itu memungkinkan penyerang memasukkan JavaScript dalam pesan dan mengakses file dari jarak jauh.

Software ini menjalankan rilis yang lebih lama dari mesin web Chromium Google, dengan kelemahan yang diketahui membuatnya relatif mudah tergelincir dalam kode jahat. Tidak akan sulit untuk mengubah pesan, mencari dokumen sensitif, atau menginstal malware tambahan.

Dikutip dari Slash Gears, Kamis (6/2/2020), kerentanan keamanan memengaruhi software desktop WhatsApp dari versi 0.3.9309 dan sebelumnya. Selain itu, orang-orang yang memasangkan aplikasi dengan edisi iOS WhatsApp sebelum 2.20.10 juga bisa terpengaruh.

Facebook membangun WhatsApp pada Electron framework yang membuatnya lebih mudah untuk menghadirkan aplikasi multi-platform berdasarkan teknologi web. Seperti yang dijelaskan Ars Technica, Electron tidak aman jika aplikasi didasarkan pada mesin web yang sudah ketinggalan zaman.

Untuk menghindari kerentanan keamanan, unduh aplikasi baru atau tetap waspada terkait stayin current. Kejadian ini merupakan pengingat aplikasi berbasis web tidak secara otomatis aman. Pesan benar-benar aman jika Anda berada di atas peningkatan.

Editor : Tuty Ocktaviany