Lebih dari 90 Persen Dark Web di Internet Berisi Kejahatan, Waspadai Kebocoran Data

Syifa Fauziah · Sabtu, 26 November 2022 - 23:20:00 WIB
Lebih dari 90 Persen Dark Web di Internet Berisi Kejahatan, Waspadai Kebocoran Data
Podcast Aksi Nyata kali ini membahas soal ‘Tips dan Trik Mengamankan Akun Medsos dari Serangan Hacker’. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Saat ini kehidupan manusia erat dengan kehadiran teknologi yang semakin memudahkan pekerjaan sehari-hari. Bahkan menurut data statistik, terdapat 204,7 juta orang Indonesia yang terkoneksi dengan internet.

Walaupun kehadiran teknologi dan internet sangat bermanfaat, namun ada hal yang perlu Anda waspadai. Sebab, ada pula banyak hal yang ada di internet, isinya tidak bermanfaat.

Hal itu diungkapkan IT Profesional, Dr Pratama Persada. "Ada 94 persen di bawahnya itu dark web, deep web, yang di dalamnya penuh dengan kejahatan," kata Pratama dalam Podcast Aksi Nyata, seperti dikutip dari YouTube Partai Perindo, Sabtu (26/11/2022).

Dia menjelaskan, sebagai generasi milenial dan Gen Z pastinya harus berhati-hati saat berselancar di internet. Sebab, tak menutup kemungkinan bahwa data kita dapat dilacak oleh orang lain.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan membuat password sembarangan. Kemudian, sebaiknya Anda mengganti password secara berkala. 

"Ketika diambil alih susah diambilnya apalagi pakai password yang sama kayak media sosial dan email. Nah ini yang sering terjadi. Kadang kita mikir siapa yang mau nyerang dan ambil akun kita, padahal hacker enggak pilih kasih," jelas dia.

Pratama menyarankan untuk mengecek kebocoran data kita melalui beberapa website yang tersedia dan aman. "Di situ kemudian cek datanya bocor atau enggak. Terpublish enggak di internet. Sebab ada miliaran akun yang bocor di sana," katanya.

Editor : Siska Permata Sari

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda