Mengenang dan Mengenal Benyamin Sueb lewat Google Doodle

Siska Permata Sari ยท Selasa, 22 September 2020 - 10:16 WIB
 Mengenang dan Mengenal Benyamin Sueb lewat Google Doodle

Benyamin Sueb muncul di Google Doodle. (Foto: Google)

JAKARTA, iNews.id - Ada yang berbeda dari tampilan depan situs pencarian Google. Pasalnya, hari ini Google Doodle merayakan seorang seniman besar dan sosok penting bagi budaya Betawi di Indonesia, Benyamin Sueb.

Jika membuka laman depan Google, yang tampak adalah kartun Benyamin Sueb lengkap dengan peci dan kain sarung. Tak lupa juga ada sentuhan-sentuhan yang lekat dengan dirinya, yakni ondel-ondel dan tanjidor sebagai bagian dari kesenian Betawi.

Tak hanya menampilkan sosok Benyamin Sueb, pengguna juga bisa mengenal lagi karya-karyanya dengan cara menanyakan ke Asisten Google.

Misalnya, ‘OK Google, film Benyamin Sueb,’ yang setelah itu akan muncul beberapa judul film yang dibintanginya. Di antaranya Benyamin Biang Kerok, Si Doel Anak Betawi, Musuh Bebuyutan, dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, pengguna juga bisa langsung mendengarkan karya-karya musik Benyamin Sueb yang khas lewat ‘OK Google’. Mintalah Asisten Google memutarkan musik dengan ‘Ok Google, mainkan lagu ondel-ondel Benyamin Sueb di YouTube’ atau ‘lirik lagu Kompor Meleduk’.

Menghadirkan Benyamin Sueb di Google Doodle, pihak Google Indonesia mengatakan, hal itu untuk melestarikan tradisi dan budaya yang berharga untuk generasi yang akan datang.

“Sebutan ‘muka kampung, rezeki kota yang penuh akal bulus’ seringkali muncul ketika kita berbicara tentang almarhum Babe Benyamin Sueb. Ada banyak hal yang kita bisa pelajari dari perjalanan hidup seniman legendaris ini. Mari kita terus lanjutkan semangat berkontribusi, juga melestarikan tradisi dan budaya yang berharga untuk generasi yang akan datang,” kata Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan, seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (22/9/2020).

Editor : Tuty Ocktaviany