Mozilla Bakal Blokir Notifikasi Permission Prompts Mengganggu

Dini Listiyani ยท Rabu, 06 November 2019 - 15:01 WIB
Mozilla Bakal Blokir Notifikasi Permission Prompts Mengganggu

Mozilla bakal blokir notifikasi permission prompts mengganggu (Foto: Mozilla)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Awal tahun ini Mozilla mengungkap mereka akan menangani masalah notifikasi permission prompts mengganggu yang muncul di banyak website usai dimuat. Dalam pembaruan mengenai masalah yang diterbitkan pada Senin lalu, Mozilla merinci hasil eksperimen tersebut.

Sesuai namanya, notifikasi permission prompts muncul menanyakan apakah Anda ingin menerima pemberitahuan dari website di masa depan. Jika diterima, pengguna dapat secara acak menerima berbagai pemberitahuan dari situs mulai dari iklan untuk layanannya hingga pengumuman penting dan banyak lagi.

Prompts ini sering muncul usai website dimuat, memaksa pengguna untuk membuat keputusan. Namun, itu semua akan berubah mulai dengan Firefox 72 yang akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang.

Dikutip dari Slash Gears, Rabu (6/11/2019), Mozilla telah memutuskan perambannya tidak akan lagi membiarkan prompts ini muncul kecuali jika pengguna mengklik ikon tertentu untuk membuatnya terlihat atau berinteraksi dengan website. Menurut penelitian perusahaan, notifikasi prompts sangat tidak populer di kalangan pengguna.

99 persen pengguna di antaranya tidak diterima dan 48 persen ditolak secara langsung. Dari 1.45 miliar prompts yang ditampilkan kepada pengguna, hanya 23,66 juta yang diterima.

Berangkat dari alasan yang telah dikemukakan, Mozilla mengatakan opsi 'Not Now' akan diganti dengan 'Never Allow' untuk prompts mulai dengan Firefox 70. Setelah Firefox 72 tiba, prompts ini tidak akan muncul kecuali pengguna berinteraksi secara manual dengan situs atau klik pada ikon kecil notifikasi yang terlihat di URL bar browser.


Editor : Dini Listiyani