Semua Orang Bisa Jadi Content Creator! Ft. Yudha @alphaworks.id dan Fardan @masadans
JAKARTA, iNews.id - Munculnya berbagai macam platform User Generated Content (UGC) membuat semakin banyak orang yang beralih profesi menjadi content creator. Seperti Yudha Tri Rizkianto @alphaworks.id dan Muhammad Fardan Subhan @masadans yang sudah beralih sepenuhnya ke dunia content creator.
Dalam satu kesempatan interview dengan BuddyKu, awalnya Fardan mengaku tidak begitu serius untuk menjalani sebagai content creator, namun banyak orang yang merasakan manfaat dari konten yang Fardan buat.
“Waktu PPKM dan projectan dipending, akhirnya cari kesibukan lain. Mulai deh tuh upload video behind the scene dari shootingan kerjaan yang sudah selesai. Ternyata banyak orang yang dapat manfaatnya,” ucap Fardan.
Berbeda dengan Yudha yang memang merasa jenuh dengan rutinitas kantor, akhirnya ia mulai mengikuti beberapa kelas digital marketing dan menjadi full time di content creator.
“Dimulai Mei 2020 gue baru pertama kali bikin konten di Instagram. Habis itu berlanjut dan mulai growth, dateng klien editan dan endorsan itu baru mulai dateng.” ujar Yudha.
Berbicara menjadi content creator, tentunya juga berbicara tentang pendapatan. Sudah banyak sekali plaform UGC yang menawarkan rewards untuk content creator. Salah satunya adalah BuddyKu, sebuah wadah baru bagi content creator untuk menyalurkan berbagai ide dan pemikirannya. Agar bisa menemukan ruang untuk mendapatkan publikasi dan mendapatkan pemasukan tambahan.
Sebagai freelance videografer, Fardan mengakui bahwa ada beberapa hal yang tidak diduga, yang bisa didapatkan dari menjadi content creator.
“Bukan hanya pendapatan yang bertambah ya, bisa dateng hal hal yang gak gua duga. Misalnya kayak endorsement, dan yang paling gua nikmatin adalah webinar. Karena di situ gua bisa sharing ilmu lagi dan tetap sejalan dengan apa yang gue lakuin,” Tambah Fardan.
Sedangkan Yudha merasakan manfaat dari personal branding selama menjadi content creator. Menurutnya hal itu yang memudahkan ia setiap kali bertemu klien.
“Ketika bikin konten di sosmed dan mereka lihat sosmed kita, klien tuh udah yakin dan trust gitu. Followers tuh ngaruh juga, mempermudah untuk bisa deal sama klien,” ujar Yudha.
Editor: Dini Listiyani