Sistem Royalti Menjadi Alasan Banyak Seniman Terjun ke NFT

Siska Permata Sari · Senin, 24 Januari 2022 - 10:30:00 WIB
Sistem Royalti Menjadi Alasan Banyak Seniman Terjun ke NFT
Sistem Royalti Menjadi Alasan Banyak Seniman Terjun ke NFT (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Efek naiknya nama Ghozali di kalangan netizen di Indonesia, berakibat banyak pula orang yang ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai NFT (Non Fungible Token), tempat di mana Ghozali memasarkan foto-fotonya setiap hari.

Tentunya banyak pertanyaan, bagaimana memulai, ataupun apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin ikut terjun ke NFT.

Dalam episode terbaru Podcast Kata Dochi, vokalis band Pee Wee Gaskins ini berkesempatan berbincang dengan Ancha MK, seorang penggiat NFT. Saat ditanya apa yang harus dipersiapkan, menurut Ancha, “pertama, harus menentukan dulu mau menjadi creator atau sebagai collector.”

Jadi, layaknya pasar yang ada di dunia nyata, jika mau terjun di dunia NFT, ada dua peran yang bisa dilakukan, yaitu sebagai collector ataupun sebagai creator. 

“Sebagai creator, kita terjun ke NFT untuk mendapatkan royalti ketika karya terjual. Ketika karya yang sudah dibeli oleh orang dijual lagi, creator masih mendapatkan royalti dari karya tersebut,” kata Ancha yang sudah aktif di NFT sejak Juni 2021 itu.

Ancha juga menjelaskan, sebagai creator, karya yang Ancha pasarkan biasanya berupa art dari coding di komputer. Selengkapnya, perbincangan menarik antara Ancha MK bersama Dochi di Podcast Kata Dochi episode 49 yang membahas NFT ini dapat pembaca dengarkan di AUDIO+ di aplikasi RCTI+ secara gratis.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel: