Snapchat Segera Boyong Kemampuan Embed Musik ke Post

Dini Listiyani ยท Senin, 27 Mei 2019 - 10:27 WIB
Snapchat Segera Boyong Kemampuan Embed Musik ke Post

Snapchat segera boyong kemampuan embed musik ke post (Foto: Pixabay)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Pengguna Snapchat akan bisa mengunggah lagu di masa depan. Sekarang, induk perusahaan Snapchat, Snap, tengah dalam pembicaraan dengan Sony Music, Universal Music Group, dan Warner Music Group untuk melinsensikan lagu.

Melansir Mashable, Senin (27/5/2019), jika pembicaraan dengan label musik populer berkembang ke kesepakatan lisensir yang sebenarnya berarti Snapchat akan bisa menambahkan fitur musik seperti Instagram dan TikTok. Kesepakatan juga bisa menjadi pertanda baru Snap ingin memikat penggemar TikTok ke layanannya.

Snapchat telah menambahkan fitur Lens Challenge pada Desember lalu, yang memungkinkan pengguna membuat video sinkronisasi bibir dengan efek augmented reality (AR). Tapi, fitur itu terkunci di dalam lensa sehingga tidak mudah diakses seperti fitur musik di Instagram.

Facebook, induk perusahaan Instagram, mendapatkan kesepakatan lisensi dengan tiga label rekaman besar pada 2018. Berkat kesepakatan itu, Facebook bisa menempatkan musik berlinsensi di video mereka yang ada di seluruh platform, termasuk Facebook, Messenger, Instagram, dan Oculus.

Facebook bahkan telah menggunakan linsensi untuk meluncurkan fitur seperti Lip Sync Live, peniru Musical.ly yang diakuisisi oleh ByteDance. Tahun lalu, ByteDance sendiri memutuskan untuk menyatukan Musical.ly dengan TikTok.

Laporan The Verge mengungkapkan, ByteDance sekarang berupaya untuk mengamankan lebih banyak lisensi karena pihaknya tengah mempersiapkan layanan music streaming sendiri. Kesepakatan lisensi Snap tidak akan cukup skala itu, tapi langkahnya akan menjaga aplikasi tetap kompetitif terhadap Facebook dan TikTok.

Seperti diketahui, hak cipta telah menjadi titik perselisihan antara label rekaman dan perusahaan seperti YouTube dan Peloton dalam beberapa bulan terakhir. Oleh karena itu, Snap perlu mendapatkan lisensi dengan cepat agar tidak tersandung masalah.


Editor : Dini Listiyani