Sosok Nh Dini Muncul di Google Doodle Hari Ini

Dini Listiyani ยท Sabtu, 29 Februari 2020 - 07:47 WIB
Sosok Nh Dini Muncul di Google Doodle Hari Ini

Google Doodle Nh DIni (Foto: Google)

JAKARTA, iNews.id - Google merayakan ulang tahun ke-84 novelis Nh Dini. Doodle tersebut diilustrasikan oleh seniman tamu Jakarta Kathrin Honesta.

Doodle menggambarkan sosok Nh Dini yang sedang menulis. Tulisan 'Google' pun dibuat berbeda, dengan huruf 'O' seolah berubah menjadi jendela yang menampilkan lautan.

Nh Dini adalah novelis terkenal. Perempuan bernama asli Nurhayati Sri Hardinia Siti Nukatin tumbuh dengan mendengarkan ibunya membaca cerita dari majalah lokal dan kemudian menjadi penulis yang produktif.

Dikutip dari laman Google Doodle, Sabtu (29/2/2020), menolak peran tradisonal perempuan yang didirikan patriarki Jawa, banyak pekerjaan Nh Dini berfokus pada isu gender dan keyakinan, seorang perempuan di mana pun dia tinggal pantas diperlakukan secara adil dan terhormat.

Pada 1950-an, saat Nh Dini bekerja sebagai pramugrai untuk sebuah maskapai penerbangan Indonesia, dia bertemu suaminya. Selama pernikahannya, keduanya hidup berkeliling dunia dan tinggal di Kamboja, Jepang, Prancis, Filipina, dan Amerika Serikat.

Terinspirasi oleh perjalan internasionalnya dan pengejaran tanpa henti untuk hak-hak perempuan, Nh Dini mengabdikan hidupnya menulis serta menerbitkan lusinan novel, cerita pendek, serta pusi selama 60 tahun karirnya.

Melalui karya-karya seperti 'Pada sebuah Kapan dan Namaku Hiroko, perempuan kelahiran Semarang ini terus men-empower perempuan hari ini. Kini, Nh Dini sudah pergi selama-salamnya. Dia meninggal dunia pada Desember 2018.


Editor : Dini Listiyani