Update Chrome OS 103, Bawa Integrasi Lebih Baik dengan Smartphone

Dini Listiyani · Sabtu, 25 Juni 2022 - 16:20:00 WIB
Update Chrome OS 103, Bawa Integrasi Lebih Baik dengan Smartphone
Update Chrome OS 103 (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Google baru saja merilis update Chrome OS terbaru untuk Chromebook yang menghadirkan banyak fitur teranyar. Fitur untuk integrasi dan kenyamanan tanpa batas. 

Fitur baru pertama dari update Chrome OS 103 adalah perubahan yang dilakukan pada Phone Hub. Seperti yang diketahui, Phone Hub adalah pusat kendali bawaan yang memungkinkan Anda membalas pesan teks, memeriksa baterai ponsel, mengaktifkan tethering, dan banyak lagi, sebagaimana dikutip dari Gizmo China. 

Sekarang, itu juga mampu mengambil gambar Anda yang baru saja diklik langsung dari ponsel pintar Android ke Chromebook. Ini akan membuat hidup lebih mudah dalam situasi ketika Anda perlu mengambil gambar dengan cepat untuk dilampirkan ke email. Dan bagian terbaiknya adalah pengguna tidak perlu terhubung ke internet agar fitur ini berfungsi.
 
Fitur utama kedua dalam pembaruan ini adalah kemampuan untuk menghubungkan Chromebook Anda dengan aman ke jaringan WiFi apa pun yang telah Anda simpan di ponsel cerdas Anda tanpa memerlukan kata sandi. Ini bekerja menggunakan fitur Berbagi Terdekat di Chrome OS yang juga memungkinkan pengguna berbagi musik, gambar, atau file lain antara Chromebook atau perangkat Android lainnya.

Untuk mencoba fitur baru ini, yang harus Anda lakukan adalah pergi ke halaman pengaturan internet di ponsel Android Anda, pilih "Jaringan Wi-Fi" dan "Bagikan". Kemudian ketuk ubin "Terdekat" di bawah kode QR, dan pilih Chromebook yang ingin Anda online. Nearby Share akan mengirimkan kredensial Wi-Fi (seperti pada nama jaringan dan sandi), dan Chromebook akan otomatis tersambung ke Wi-Fi.

Selain fitur ini, Google juga telah mengumumkan bahwa Chromebook akan segera dapat dipasangkan dengan mudah dengan headphone atau aksesori lain yang kompatibel melalui kerangka Fast Pair Google. Setiap kali sepasang headphone Bluetooth baru berada di dekat Anda, pemberitahuan akan muncul di layar Chromebook menanyakan apakah pengguna ingin memasangkan dengan perangkat ini. Fitur ini akan diluncurkan akhir musim panas ini.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda