WhatsApp Bakal Punya Fitur Privasi Baru, Bantu Jaga Pesan Tetap Aman

Dini Listiyani ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 17:04:00 WIB
WhatsApp Bakal Punya Fitur Privasi Baru, Bantu Jaga Pesan Tetap Aman
WhatsApp Bakal Punya Fitur Privasi Baru (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Pengguna akan bisa meninggalkan chat grup secara diam-diam, mengontrol siapa yang dapat melihat status online dan memblokir screenshot pada pesan View Once. CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan ini akan membantu menjaga pesan WhatsApp sebagai private dan aman. 

Aplikasi perpesanan populer saat ini memperingatkan semua anggota chat grup untuk seseorang yang keluar atau dihapus secara default. Meskipun ada cara untuk menonaktifkan chat grup individu, opsi untuk keluar secara diam-diam tidak diberikan kepada pengguna saat mereka memilih keluar dari grup. 

Tapi sekarang, mereka dapat pergi tanpa memberi tahu semua pengguna obrolan grup lainnya, hanya admin grup. Kepala produk Ami Vora mengatakan itu adalah bagian dari fokus platform pada "membangun fitur produk yang memberdayakan orang untuk memiliki lebih banyak kontrol dan privasi atas pesan mereka".

"Kami percaya WhatsApp adalah tempat paling aman untuk melakukan percakapan pribadi," katanya sebagaimana dikutip dari BBC. 

Menurut Vora, tidak ada layanan pesan global lain pada skala ini yang menyediakan tingkat keamanan ini untuk pesan, media, pesan suara, panggilan video, dan cadangan obrolan pengguna mereka.

Pengguna juga akan diberi opsi mengizinkan hanya kontak tertentu - atau tidak seorang pun - untuk melihat kapan mereka aktif di platform, membawa opsi status online ke dalam penyelarasan dengan pengaturan "terakhir terlihat".

Janis Wong, rekan peneliti di The Alan Turing Institute, mengatakan, "Selalu menyenangkan untuk memberi pengguna lebih banyak kontrol - pengguna suka dan perlu memiliki lebih banyak kontrol."

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda