Yahoo Groups Bakal Dimatikan, Semua Konten Dihapus Per 14 Desember

Dini Listiyani ยท Kamis, 17 Oktober 2019 - 10:43:00 WIB
Yahoo Groups Bakal Dimatikan, Semua Konten Dihapus Per 14 Desember
Yahoo akan mematikan salah satu fitur terlama, Yahoo Groups, secara bertahap dengan menghapus semua materi yang diunggah per 14 Desember. (Foto: Engadget)

MENLO PARK, iNews.id - Yahoo secara bertahap akan menghapus salah satu fitur terlama. Pelopor internet ini bakal menutup situs web Yahoo Groups dalam proses dua fase yang secara efektif akan menghilangkannya.

Pengguna akan kehilangan kemampuan mengunggah konten baru pada 21 Oktober. Sementara Yahoo akan menghapus semua materi yang diunggah per 14 Desember.

Dikutip dari Engadget, Kamis (17/10/2019), pengguna masih dapat terhubung ke grup melalui e-mail. Tapi, situs tersebut secara efektif akan kosong. Semua grup akan dibuat private dan memerlukan persetujuan administrator.

Sejauh ini, Yahoo belum secara resmi menjelaskan alasan di balik penutupan fitur ini. Tapi, yang jelas penutupan Yahoo Groups akan segera dilakukan.

Yahoo meluncurkan Groups pada 2001 sebagai hybrid forum dan mailing list. Groups dengan cepat menjadi rumah bagi komunitas spesialis.

Namun, masalah besar hadir dengan munculnya jejaring sosial. Tidak ada banyak dorongan bagi orang untuk menggunakan komunitas Yahoo saat Facebook, Twitter, dan teman-temannya muncul.

Terlepas dari itu, penutupan Yahoo Groups akan menjadi momen menyedihkan bagi sebagian orang yang setia menggunakan. Layaknya penutupan GeoCities, Yahoo menghapus sepotong sejarah internet.

Editor : Dani M Dahwilani