Ada Peringatan Keselamatan, NASA Tunda Uji Penerbangan Helikopter di Mars

Dini Listiyani · Senin, 12 April 2021 - 15:05:00 WIB
Ada Peringatan Keselamatan, NASA Tunda Uji Penerbangan Helikopter di Mars
Ada Peringatan Keselamatan, NASA Tunda Uji Penerbangan Helikopter di Mars (Foto: Ist)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA telah menyematkan helikopter Ingenuity di rover Perseverance di Mars untuk pertama kalinya. Helikopter itu dijadwalkan uji terbang pertama hari ini tapi telah ditunda ke 14 April.

Karena peringatan keselamatan yang dihasilkan selama pengujian, NASA telah menunda penerbangan awal helikopter. Badan tersebut mengatakan helikopter Ingenuity "aman dan sehat". 

NASA menawarkan beberapa detail tentang pesan kesalahan yang diterima selama pengujian yang menunjukkan bahwa urutan perintah yang mengontrol pengujian berakhir lebih awal karena penghitung waktu pengawas kedaluwarsa. Peringatan dibuat saat pengontrol mencoba untuk mengalihkan komputer penerbangan dari mode pra-penerbangan ke mode penerbangan. 

Pengatur waktu pengawas yang menghasilkan peringatan dirancang untuk mengawasi urutan perintah dan mengingatkan sistem jika ada masalah potensial. Tujuan pengatur waktu adalah untuk menjaga sistem agar tidak melanjutkan pengujian jika ada masalah yang diamati, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Senin (12/4/2021). 

Tim teknik saat ini sedang bekerja untuk mendiagnosis masalah dan menjadwalkan ulang uji rotor berdasarkan temuan dari penyelidikan. NASA memperkirakan tanggal uji terbang mungkin berubah karena para insinyur membuat penyesuaian dan melalui pemeriksaan tambahan sebelum penerbangan untuk helikopter. 

NASA sebelumnya telah merinci bagaimana orang yang tertarik menonton uji terbang dapat melakukannya. Salah satu metode yang dapat digunakan penggemar untuk mengikuti helikopter Ingenuity adalah melalui streaming langsung yang akan dimulai sebelum penerbangan dimulai pada tanggal berapa pun tes penerbangan dikonfirmasi.

Jika NASA berhasil menerbangkan helikopter Ingenuity di Mars, itu akan menjadi penerbangan terkontrol pertama kali terjadi di planet lain. Jika helikopter dapat berfungsi, itu akan mengubah cara eksplorasi Mars di masa depan.

Editor : Dini Listiyani