Bantu Misi Masa Depan, Pangkalan Bulan yang Bisa Ditiup Bisa Jadi Solusi

Dini Listiyani · Senin, 05 September 2022 - 09:05:00 WIB
Bantu Misi Masa Depan, Pangkalan Bulan yang Bisa Ditiup Bisa Jadi Solusi
Pangkalan Bulan yang Bisa Ditiup Bisa Jadi Solusi (Foto: Pneumocell)

JAKARTA, iNews.id - Minat mengirim misi berawak ke Bulan tak teralakan. Namun, awak astronot membutuhkan habitat bisa tinggal dan bekerja di Bulan untuk misi jangka panjang. 

Bagaimana cara terbaik membangun habitat Bulan? Pertanyaan itu dipikirkan beberapa badan antariksa dan perusahaan swasta. Badan antariksa Eropa (ESA) baru-baru ini berbagi satu ide yakni membuat pangkalan bulan yang dapat ditiup. 

Idenya membuat pra-fabrikasi struktur ringan yang dapat dikemas ke dalam ruang kecil untuk transportasi. Kemudian dikembangkan setelah kru tiba di Bulan, sebagaimana dikutip dari Digital Trends. 

Struktur itu akan terkubur di bawah beberapa meter tanah Bulan yang disebut regolith untuk melindungi para astronot dan peralatan mereka dari radiasi. Dan, di permukaan, cermin akan ditempatkan melacak Matahari dan memantulkannya ke arah rumah kaca, di mana tanaman dapat ditanam untuk menghasilkan oksigen. 

Desain, dari Austrian Company Pneumocell baru-baru ini diajukan ke ESA dan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan konsep habitat lainnya. Satu keuntungan besar adalah sifat ringan dari struktur tiup karena ada batasan berat yang ketat pada apa yang dapat diluncurkan ke luar angkasa dan lebih berat membutuhkan lebih banyak bahan bakar serta roket yang lebih besar. 

Keuntungan lain adalah modularitas sistem, memungkinkan struktur yang berbeda untuk ditambahkan sesuai kebutuhan berbagai misi. Laporan tersebut menyatakan langkah selanjutnya adalah membangun prototype habitat di Bumi untuk memeriksa kinerjanya dalam kondisi dunia nyata. 

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda