China Pertimbangkan Gunakan Satelit Bulan, Selidiki Zaman Kegelapan Kosmik

Dini Listiyani ยท Senin, 08 Agustus 2022 - 08:10:00 WIB
China Pertimbangkan Gunakan Satelit Bulan, Selidiki Zaman Kegelapan Kosmik
China Pertimbangkan Gunakan Satelit Bulan (Foto: Chinese Academy of Sciences)

JAKARTA, iNews.id - Ilmuwan China ingin menggunakan Bulan untuk membantu mendapatkan pandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada awal alam semesta. Tim di balik misi Discovering the Sky the Longest Wavelengths (DSL) juga dikenal sebagai Hongmeng ingin mengirim 10 satelit ke orbit sekitar Bulan.

Satelit di orbit Bulan untuk mengambil sinyal kosmik samar, menggunakan tetangga selestial demi memblokir interferensi elektromagnetik dari aktivitas manusia di Bumi. Tujuannya adalah melihat sekilas apa yang disebut zaman kegelapan kosmik, era misterius sebelum bintang-bintang pertama mulai bersinar dengan mengumpulkan cahaya panjang gelombang ultra-panjang yang samar, terbentang, yang dipancarkan oleh atom hidrogen yang dibentuk oleh Big Bang.

Sembilan satelit anak akan mengumpulkan sinyal samar dari alam semesta yang dalam saat mengorbit di sisi jauh bulan, di mana gangguan terestrial akan diblokir. Satelit induk kemudian akan mengumpulkan informasi yang dikumpulkan dari satelit anak dan mengirimkan data kembali ke Bumi saat berada di sisi dekat Bulan.

Sinyal frekuensi rendah dari kosmos awal ini sangat sulit atau tidak mungkin diterima di Bumi karena ionosfer planet. South China Morning Post melaporkan, proposal tersebut merupakan alternatif inovatif untuk rute yang jauh lebih mahal dan menantang secara teknis untuk memasang teleskop permanen di permukaan sisi jauh Bulan.

Misi tersebut, yang dipimpin oleh Chen Xuelei dari Akademi Ilmu Pengetahuan China (CAS), adalah salah satu dari sejumlah misi astronomi, eksplorasi, ilmu bumi, heliofisika, dan planet ekstrasurya yang diusulkan yang bersaing untuk mendapatkan persetujuan di bawah Program Cakrawala Baru Akademi Ilmu Pengetahuan China.

Menurut South China Morning Post, DSL dapat menerima persetujuan resmi dalam beberapa minggu mendatang. IEEE Spectrum, melaporkan sebelumnya di DSL, mencatat misi tersebut sebelumnya diusulkan sebagai proyek bersama Sino-Eropa tetapi tidak dipilih. Proposal DSL baru sekarang memiliki kesempatan untuk disetujui melalui program CAS New Horizons.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda