Elon Musk Prediksi Perlu 1000 Starship untuk Membangun Kota di Mars

Dini Listiyani ยท Sabtu, 09 November 2019 - 12:01 WIB
Elon Musk Prediksi Perlu 1000 Starship untuk Membangun Kota di Mars

Elon Musk prediksi butuh 1000 Starship untuk bangun kota di Mars (Foto: SpaceX)

CUPERTINO, iNews.id - Elon Musk telah mengungkapkan rencananya untuk membangun kota dan memindahkan orang ke Mars. Namun, saat ini rencana tersebut belum terealisasi.

Masih banyak hal yang perlu dilakukan di Bumi. Jadi, pindah ke Mars masih merupakan ide yang terdengar tidak masuk akal bagi sebagian orang.

Kendati demikian, tidak ada yang dapat menghentikan Elon Musk untuk merencanakan dan memiliki ide soal apa yang perlu dilakukan untuk muwujudkan rencana pindah ke Mars. Belum lama ini Musk mengungkapkan rencana mewujudkan impiannya itu lewat Twitter.

Dilansir dari Tech Crunch, Sabtu (9/11/2019), saat menanggapi beberapa pertanyaan di Twitter, Musk mengatakan untuk membuat kota di Mars menjadi kenyataan, SpaceX perlu membangun dan menerbangkan sekitar 1000 Starships. Starship diperlukan untuk mengangkut kargo, infrastruktur, dan kru ke Mars dalam kurun waktu 20 tahun.

Selain itu, Musk juga membahas potensi jangka pendek untuk Starship, termasuk seberapa banyak kapasitas muatannya untuk transportasi orbital Bumi. Desain Starship dimaksudkan untuk memaksimalkan penggunaan kembali, dan pada kenyataannya idealnya dapat terbang hingga tiga kali sehari.

Untuk dapat membangun kota permanen dan berkelanjutan di Mars, pertama-tama manusia perlu ke sana dengan penerbangan berawak. Namun sebelumnya, manusia perlu mendarat terlebih dulu ke Bulan.

NASA telah menetapkan 2024 sebagai tujuannya ke Bulan. Sementara itu SpaceX mengatakan mereka berahap dapat mendaratkan Starship di sana pada awal 2022 untuk membantu mempersiapkan pendarata itu.


Editor : Dini Listiyani