Hubble Tangkap Gambar Galaksi Berbulu, Terlihat Ada Tonjolan di Tengahnya

Dini Listiyani ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 15:08 WIB
Hubble Tangkap Gambar Galaksi Berbulu, Terlihat Ada Tonjolan di Tengahnya

Hubble Tangkap Gambar Galaksi Berbulu (Foto: NASA/ESA)

CALIFORNIA, iNews.id - Teleskop Hubble telah menangkap gambar indah lain dari galaksi yang jauh. Kali ini, Hubble berhasil menangkap gambar galaksi NGC 2775, yang terletak 67 juta tahun cahaya.

Galaksi NGC 2775 adalah bagian dari Antilia-Hydra Cloud yang terletak di rasi bintang Cancer. Galaksi adalah bagian dari Virgo Supercluster dan terkenal karena lengan spiralnya yang halus seperti bulu.

Dalam istilah astronomi, lengan bergelombang ini disebut flocculent yang berarti berbulu. "Jutaan bintang terang, muda, dan biru bersinar di lengan spiral yang seperti bulu rumit, disatukan dengan jalur debu yang gelap," tulis para ilmuwan Hubble dalam pengumuman yang berbagi gambar baru yang dikutip dari Digital Trends, Rabu (1/7/2020).

Kompleks bintang-bintang biru yang panas diduga memicu pembentukan bintang di awan gas terdekat. Keseluruhan pola spiral seperti bulu pada lengan kemudian dibentuk dengan memotong awan gas saat galaksi berputar.

Sifat spiral dari flokulan berbeda dengan spiral desain besar, yang memiliki lengan spiral yang menonjol dan terdefinsi dengan baik. Selain lengannya yang bergelombang, fitur lain yang tidak biasa dari galaksi ini adalah tonjolan besar yang tak terduga.

Sebagian besar galaksi spiral memiliki tonjolan di tengahnya, tempat banyak bintang berkumpul rapat di sekitar area pusat galaksi dibandingkan dengan lengan yang lebih jarang penduduknya. Dan, lengannya cenderung jatuh di sepanjang bidang datar. Sedangkan tonjolan menonjol ke luar dari atas dan bawah galaksi.

Dalam kasus NGC 2775, tonjolan ini tidak hanya lebih besar dari biasanya, tetapi juga relatif kosong dan hampir tidak memiliki formasi bintang. Ada jumlah gas yang relatif kecil di tonjolan, yang diyakini para ilmuwan bisa menjadi bukti pada suatu waktu dalam sejarah galaksi ada sejumlah besar aktivitas supernova di daerah tersebut.

Editor : Dini Listiyani