Ilmuwan Temukan Kadal Purba yang Memburu Perairan Dangkal

Dini Listiyani ยท Minggu, 01 Juli 2018 - 09:01:00 WIB
Ilmuwan Temukan Kadal Purba yang Memburu Perairan Dangkal
Ilmuwan Temukan Kadal Purba yang Memburu Perairan Dangkal (Foto: Fabio Manucci)

CALIFORNIA, iNews.id - Ahli paleontologi menemukan fosil kadal purba yang diawetkan dengan sangat baik. Kadal purba ini sebelumnya tidak pernah dikenal.

Kadal laut (dolichosaur), terkait dengan ular dan mosasaurs, diyakini hidup sekitar 70 juta hingga 75 juta tahun yang lalu. Para ilmuwan menamakannya primitivus manduriensis.

Fosil ditemukan di area yang dulunya dangkal air. Saat mati, makhluk itu jatuh ke bawah dan tertutup endapan, aman dari air yang akan menyebarkan sisa-sisanya.

"Kadal laut pada dasarnya merupakan hewan kecil bertubuh panjang yang terlihat seperti kadal, biasa dengan leher dan ekor yang lebih panjang. Mereka memiliki kaki seperti dayung untuk berenang, tapi juga bisa bergerak di darat," kata mahasiswa Ph.D dan penulis utama studi yang merinci temuan itu Ilaria Paperella, seperti dilaporkan Daily Mail, Sabtu (30/6/2018).

Tanpa predator memakan tubuhnya, fosil tetap utuh. Otot dan kulitnya terjaga dengan baik, sehingga memungkinkan para ilmuwan untuk mempelajari jaringan lunak.

"Harus ada kondisi yang sangat khusus untuk jaringan lunak yang harus diawetkan pada fosil. Lokasi di mana primitivus manduriensis ditemukan memiliki banyak potensi. Kami berharap mendapatkan izin dari otoritas Italia untuk melakukan kerja lapangan lebih lanjut," ujarnya.

Fosil secara signifikan lebih muda dari spesimen lain yang ada dari kelompok, memperpanjang rentan waktu keberadaan mereka sekitar 15 juta tahun.