Misi Tabrak Asteroid NASA Uji Sistem Penggerak Anyar Lebih Cepat

Intan Rakhmayanti Dewi, Intan Afika Nuur Aziizah ยท Selasa, 23 November 2021 - 22:49:00 WIB
Misi Tabrak Asteroid NASA Uji Sistem Penggerak Anyar Lebih Cepat
Misi Double Asteroid Redirection Test (DART) milik NASA akan mulai menguji kemampuannya mengarahkan asteroid dengan menabraknya. (Foto: Space)

LOS ANGELES, iNews.id - Misi Double Asteroid Redirection Test (DART) milik NASA akan mulai menguji kemampuannya mengarahkan asteroid dengan menabraknya. NASA akan menggunakan sistem propulsi baru sebagai sumber tenaga roket tersebut. 

Evolutionary Xenon Thruster-Commercial (NEXT-C) adalah penggerak ion terbaru yang dimiliki NASA. Dilansir dari Space, Selasa (23/11/2021), dibanding menyalakan propelan berbasis hidrogen seperti kebanyakan roket, NEXT-C akan menggunakan listrik yang dihasilkan oleh panel surya pesawat ruang angkasa itu sendiri untuk menciptakan medan listrik yang mempercepat ion xenon bermuatan hingga kecepatan sangat tinggi untuk mendorong pesawat.  

Penggerak ion, secara teori, dapat mencapai kecepatan jauh lebih tinggi daripada roket konvensional.   

Pusat Penelitian Glenn NASA di Cleveland, Ohio, dan perusahaan Aerojet Rocketdyne bekerja sama membangun sistem NEXT-C, dan sebuah misi DART akan menjadi tempat pengujiannya. 

DART akan diluncurkan dari Vandenberg Space Force Base di California dengan roket SpaceX Falcon 9 pada Rabu, 24 November 2021, pukul 01.58 EST. 

Misi pesawat ruang angkasa akan menabrak asteroid yang disebut Dimorphos, sehingga para ilmuwan dapat mengukur seberapa dramatis dampak tersebut dapat mengubah orbit asteroid jika batu ruang angkasa mengancam Bumi.  

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel: