NASA Akhirnya Memberikan Kaki dan Roda untuk Rover Mars 2020

Dini Listiyani ยท Jumat, 21 Juni 2019 - 14:01 WIB
NASA Akhirnya Memberikan Kaki dan Roda untuk Rover Mars 2020

NASA akhirnya memberikan kaki dan roda untuk Rover Mars 2020 (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA mempersiapkan rover baru untuk menemani Curiosity di Planet Merah bernama Mars 2020. Kurang dari setahun peluncuran, NASA mulai memasangkan kaki dan enam roda pada Mars 2020.

Mengutip Engadget, Jumat (21/6/2019), engineer NASA Jet Propulsion Laboratory telah memasang kaki dan enam roda kendaraan untuk Mars 2020 pada 13 Juni lalu. Roda mesin terbuat dari aluminium dengan 48 cleat yang dikerjakan di permukaannya.

Proyeksi logam tersebut akan memberikan daya cengkram yang dibutuhkan kendaraan untuk bisa berkendara di permukaan yang berbatu dan kasar. Menariknya, roda bagian depan dan belakang memiliki motor kemudi yang akan memungkinkan Mars 2020 membuat putaran 360 derajat penuh di tempat.

Selain itu, sistem suspensi bisa menahan kemiringan hingga 45 derajat ke segala arah, sehingga rover bisa dikemudikan di batu yang cukup besar tanpa terbalik. Tim hanya akan menggunakan roda saat ini untuk pengujian dan akan menukarnya dengan model flight-ready sekitar tahun depan.

Selain kaki dan roda, selama beberapa minggu ke depan, engineer NASA juga akan memasang lengan untuk Mars 2020. Mereka juga akan memasang kamera di tiang rover, motor, dan komponen lainnya yang dibuat untuk mengumpulkan sampel batuan serta tanah Mars.

Bila semua tes berjalan dengan mulus, Mars 2020 akan memulai perjalanannya untuk mengeksplorasi Planet Merah pada Juli tahun depan. Rover akan diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station yang terletak di Florida.

Laporan Slash Gears, menyebutkan proses peluncuran tampaknya akan menjadi berat. Pasalnya, NASA berencana akan menurunkan rover Mars 2020 ke permukaan planet menggunakan parasut pemecah rekor, yang akan digunakan dalam sepersekian detik.

Editor : Dini Listiyani