NASA Kembangkan Kalung yang Bisa Cegah Tangan Menyentuh Wajah

Siska Permata Sari ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 21:19 WIB
NASA Kembangkan Kalung yang Bisa Cegah Tangan Menyentuh Wajah

NASA kembangkan kalung yang bisa cegah tangan menyentuh wajah. (Foto: Mashable)

JAKARTA, iNews.id - Di saat banyak perusahaan di luar sana yang memproduksi masker, Jet Propulsion Lab (JPL) milik NASA justru membuat terobosan baru untuk membantu manusia mencegah virus corona baru (Covid-19). Sebuah perangkat menyerupai kalung yang dinamakan ‘PULSE’ dapat mencegah penggunanya menyentuh wajah mereka.

Seperti diketahui, salah satu mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh dengan tidak menyentuh area wajah, terutama hidung, mata, dan mulut. Itulah yang melatarbelakangi JPL membuat kalung tersebut.

Cara kerja PULSE yaitu berdenyut atau bergetar ketika tangan seseorang atau penggunanya berusaha mendekati wajah.

“Umpan balik haptic dari motor getaran mensimulasikan dorongan, mengingatkan pemakai untuk menghindari menyentuh wajah sebagai jalan masuk virus sehingga ini dapat mengurangi potensi infeksi,” tulis NASA di websitenya, seperti dilansir dari Mashable, Minggu (28/6/2020).

Sementara itu, NASA tidak memiliki toko Etsy atau apa pun, jadi mereka menyediakan instruksi desain untuk membuat PULSE. Intruksi itu tersedia gratis untuk siapa saja. Anda hanya perlu printer 3D, alat solder, beberapa kabel, mesin, baterai koin, dan bahan lainnya. 

Selain teknologi kalung ini, NASA juga telah sibuk mengembangkan produk lain, seperti prototipe ventilator yang berpotensi menyelamatkan jiwa dari Covid-19.

Editor : Tuty Ocktaviany