NASA Sebut Uji Akhir Motor ACM Orion Berjalan Sukses

Dini Listiyani ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 17:44 WIB
NASA Sebut Uji Akhir Motor ACM Orion Berjalan Sukses

NASA memastikan uji akhir motor ACM Orion berjalan sukses. (Foto: Slashgear)

SAN FRANCISCO, iNews.id - NASA melakukan tes terakhir terhadap motor pesawat luar angkasa (ACM) Orion yang dibuat oleh Northrop Grumman. Badan antariksa menyatakan tes sangat sukses.

NASA menjelaskan evaluasi dilakukan di sebuah fasilitas yang terletak di Maryland. Motor adalah komponen penting dalam misi luar angkasa Artemis mendatang.

Pesawat luar angkasa Orion memiliki fitur pelindung yang disebut launch abort system (LAS). Menurut NASA, sistem ini menampilkan tiga motor roket solid, termasuk ACM, abort motor, dan jettison motor.

ACM adalah salah motor di bawah LAS yang akan diuji. Motor khusus ini dirancang untuk mengemudikan dan mengarahkan kapsul Orion selama keadaan darurat.

Sedangkan motor pembuangan dirancang untuk memisahkan LAS dari Orion dan abort motor dirancang untuk menarik modul dari kendaraan peluncur. Jettison motor telah sepenuhnya memenuhi syarat dan abort motor menjalani dua dari tiga tes terencana menuju kualifikasi.

NASA sebelumnya melakukan uji Pad Abort-1 dan Ascent Abort-2 untuk menunjukkan kemampuan LAS dalam dua skenario berbeda. Tentu saja, ketiga motor LAS akan sepenuhnya memenuhi syarat sebelum peluncuran kru dilakukan.

Setelah tes akhir jettison motor dan ACM selesai, tidak dijelaskan kapan pengujian abort motor final akan dilakukan agar sepenuhnya memenuhi syarat komponen itu.


Editor : Tuty Ocktaviany