NASA Tunda Peluncuran Penerbangan 4 Astronot, Ini Alasannya

Dini Listiyani ยท Senin, 12 Oktober 2020 - 09:08 WIB
NASA Tunda Peluncuran Penerbangan 4 Astronot, Ini Alasannya

SpaceX Crew Dragon (Foto: SpaceX)

JAKARTA, iNews.id - NASA telah menunda peluncuran penerbangan operasional pertama kapsul Crew Dragon SpaceX ke International Space Station (ISS). Awalnya, peluncuran dijadwalkan pada 31 Oktober.

Misi penerbangan tersebut kini ditunda ke November untuk memberi penyedia peluncuran SpaceX lebih banyak waktu menangani masalah dengan generator gas mesin tahap pertama Falcon 9, yang terungkap selama upaya peluncuran non-NASA belum lama ini, sebagaimana dikutip dari Digital Trends, Senin (12/10/2020). 

Ada banyak fokus pada misi Crew-1 karena ini akan menjadi penerbangan awak operasional pertama menggunakan pesawat luar angkasa Crew Dragon SpaceX setelah penerbangan uji manusia pertama. Misi Demo-1 terkenal tidak hanya karena menjadi penerbangan awak pertama untuk kapsul SpaceX.

Tapi juga karena menandai peluncuran astronot pertama dari tanah Amerika Serikat sejak akhir program pesawat ulang-alik pada 2011. Hal ini juga menandakan Amerika Serikat tidak lagi harus bergantung pada peluncuran Soyuz Rusia untuk membawa astronot ke luar angkasa.

Setelah misi Demo-1, NASA mengatakan Crew Dragon mengalami lebih banyak kerusakan dibanding yang diperkirakan pada perisai panasnya. Namun, masalah tersebut telah diselesaikan sekarang.

Untuk misi operasional awak pertama bulan depan, Crew Dragon akan membawa astronot Michael Hopkins, Victor Glover, and Shannon Walker of NASA, dan Soichi Noguchi dari the Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA). Mereka akan menghabiskan enam bulan tinggal dan bekerja di luar angkasa.

NASA menggambarkan misi The Crew-1 sebagai "langkah besar" untuk Program Kru Komersial NASA yang akan membawa wanita pertama dan pria berikutnya ke bulan, sebelum misi manusia ke Mars dan mungkin seterusnya.

Editor : Dini Listiyani