Persiapan ke Mars, China Bikin Desa untuk Simulasi Kehidupan

Dini Listiyani ยท Sabtu, 30 Desember 2017 - 14:05 WIB
Persiapan ke Mars, China Bikin Desa untuk Simulasi Kehidupan

Planet Mars (Foto: NASA)

BEIJING, iNews.id - China membangun sebuah desa yang akan mensimulasikan kehidupan di Mars. Tindakan itu sebagai bagian dari persiapan misi masa depan ke planet tersebut.

Kompleks itu akan mencakup sebuah pangkalan Mars, sebuah komunitas, sebuah pusat pariwisata, dan bangunan lainnya. Proyek ini disebut terlihat meniru lingkungan di Mars dan sedang dibangun di sebuah cekungan batu merah di China barat laut.

Menurut laporan Xinhua, kantor berita China, yang dikutip iNews.id dari IBTimes, Sabtu (30/12/2017), desa akan dibangun hampir 3 mil persegi dan menelan biaya USD130 juta. Daerah di mana desa akan berada disebut  “the most Martian place on Earth” karena batu merah yang menutupinya.

China bukanlah negara pertama yang mempersiapkan misi Mars dengan cara ini. Sebelumnya, NASA telah bekerjasama dengan Universitas Hawaii untuk mengirim beberapa tim kecil orang ke dalam simulasi habitat Mars di gunung berapi Mauna Loa.

Dalam misi terbaru, enam awak masuk ke pengasingan selama delapan bulan. NASA menggunakan program ini untuk informasi tentang bagaimana orang bekerja sama dalam lingkungan tertutup dan terisolasi.

Selain simulasi Mars, China juga sedang di tengah eksperimen luar angkasa lainnya, koloni bulan yang disimulasikan yang diberi julukan 'lunar palace'. Tujuan dari misi ini mirip dengan NASA di habitat Mars Hawaii.

China sebelumnya telah mengumumkan tujuannya mengunjungi bulan dan mengirim astronot ke Mars pada 2030-an.

Editor : Dini Listiyani