Robot Anjing Digunakan untuk Bantu Petugas Kesehatan Berbicara dengan Pasien Covid-19

Dini Listiyani ยท Jumat, 24 April 2020 - 17:08 WIB
Robot Anjing Digunakan untuk Bantu Petugas Kesehatan Berbicara dengan Pasien Covid-19

Robot anjing (Foto: Boston Dynamics)

MASSACHUSETTS, iNews.id - Mobil robot telah digunakan untuk membantu mengangkut obat. Kini, robot anjing digunakan untuk membantu melindungi petugas kesehatan dari virus corona (Covid-19).

Spot, robot berkaki empat dari perusahaan robotik Boston Dynamics digunakan di Brigham dan Women’s Hospital di Massachusetts selama pandemi coronavirus. Dalam sebuah makalah yang dirilis, Boston Dynamics menjelaskan bagaimana bot berkaki empat itu dengan cepat berubah menjadi pekerja medis dalam hitungan minggu.

Dengan iPad dan radio dua arah di robot, konferensi video petugas kesehatan dengan pasien dan Spot bisa dilakukan secara jarak jauh saat robot anjing berjalan melalui kamar dengan pasien, sebagaimana dikutip dari Mashable, Jumat (24/4/2020)

Setelah rumah sakit menjangkau Boston Dynamics enam minggu lalu, Spot telah diprogram ulang untuk membantu penilaian pasien awal. Ini adalah pasien nyata dengan gejala coronavirus yang biasanya memerlukan hingga lima profesional kesehatan untuk menilai mereka.

Boston Dynamics membuka software dan hardware-nya untuk membantu lebih banyak petugas medis menghindari paparan dengan telemedicine. Perusahaan ingin tim robotika mengembangkan cara baru untuk mengukur suhu tubuh, laju pernapasan, laju denyut nadi, dan saturasi oksigen dari jarak jauh.

Hanya sebulan yang lalu, Spot membantu pekerja pabrik. Kini, robot anjing membantu pekerja medis penting berinteraksi dengan orang-orang dengan Covid-19.

 

Editor : Dini Listiyani